Ini 10 Rute Kereta Api Favorit Masyarakat untuk Libur Nataru

Transportasi & Logistik
1
Nabilah Muhamad 06/12/2023 16:58 WIB
10 Rute Kereta Api yang Paling Banyak Dipesan Penumpang untuk Libur Natal dan Tahun Baru (5 Desember 2023*)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI menyiapkan 2.661.760 tiket untuk periode libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2023/2024. Dari jumlah tersebut, baru 27,46% atau 730.857 tiket yang terjual. 

VP Public Relations KAI Joni Martinus menyebut, KAI menyediakan tiket untuk periode akhir tahun selama 18 hari, yaitu 21 Desember 2023 hingga 7 Januari 2024.

Berdasarkan data KAI per 5 Desember 2023 pukul 07.00 WIB, terdapat 10 rute kereta api (KA) yang paling bayak dipesan untuk libur Nataru. 

Tercatat, KA Airlangga (KA 235) relasi Surabaya Pasar Turi-Pasar Senen jadi rute yang paling banyak dipesan, yakni sebanyak 20.552 tiket. 

Lalu disusul KA Airlangga (KA 236) Pasar Senen-Surabaya Pasarturi sebanyak 19.238 tiket, dan rute KA Bengawan (KA 246) Pasar Senen-Purwosari 18.714 tiket.

Lengkapnya, berikut daftar 10 rute KA yang paling banyak dipesan penumpang dalam periode libur Nataru 2023/2024: 

  1. KA Airlangga relasi Surabaya Pasar Turi-Pasar Senen: 20.552 tiket
  2. KA Airlangga relasi Pasar Senen-Surabaya Pasarturi: 19.238 tiket
  3. KA Bengawan relasi Pasar Senen-Purwosari: 18.714 tiket 
  4. KA Bengawan relasi Purwosari-Pasar Senen: 18.697 tiket
  5. KA Kahuripan relasi Blitar-Kiaracondong: 15.862 tiket
  6. KA Kahuripan relasi Kiaracondong-Blitar: 15.108 tiket
  7. KA Sri Tanjung relasi Lempuyangan-Ketapang: 14.474 tiket
  8. KA Sri Tanjung relasi Ketapang-Lempuyangan: 14.218 tiket
  9. KA Probowangi relasi Ketapang-Surabaya Gubeng: 10.904 tiket
  10. KA Serayu relasi Purwokerto-Pasar Senen: 10.087 tiket

KAI Pastikan Kesiapan Angkutan Libur Nataru

KAI memastikan perjalanan penumpang di musim libur Nataru dengan melakukan inspeksi ke berbagai wilayah di Pulau Jawa pada 5-7 November 2023. 

Inspeksi yang dilakukan, yakni mengecek kesiapan sarana dan prasarana, fasilitas stasiun, kesiapan sumber daya manusia, serta aspek penunjang lainnya. 

Selain itu, KAI juga menyiapkan sejumlah strategi krisis manajemen seperti menyiagakan tim personel lapangan khusus serta alat dan material yang tersebar di sepanjang jalur kereta. Tujuannya, perbaikan dapat segera dilakukan jika dalam keadaan darurat. 

"Hal tersebut kami upayakan agar kereta api tetap menjadi pilihan favorit masyarakat untuk bertransportasi,” kata Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo dalam keterangan resminya, Selasa (5/12/2023). 

(Baca juga: Jumlah Penumpang Kereta di Indonesia Meningkat pada September 2023)

Data Populer
Lihat Semua