Masyarakat Nilai Desain Minimalis Jadi Tren UI/UX Masa Kini

Teknologi & Telekomunikasi
1
Nabilah Muhamad 04/10/2023 17:13 WIB
Ragam Desain UI/UX yang Menurut Responden Sedang Menjadi Tren (Agustus 2023)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Lembaga riset Populix menemukan, terdapat sejumlah tren UI/UX yang dinilai masyarakat tengah berkembang. Mayoritas atau 59% responden menilai bahwa desain minimalis dan bersih menjadi tampilan UI/UX yang sedang tren saat ini. 

Tampilan UI/UX yang tengah menjadi tren berikutnya adalah penggunaan AI (artificial intelligence) atau kecerdasan buatan untuk personalisasi aplikasi. Ini dinyatakan oleh 53% responden. 

Kemudian disusul oleh tren tampilan UI/UX yang dapat meningkatkan aksesibilitas dan inklusivitas dengan proporsi 52%.

Ada pula 46% responden yang menilai jika tampilan UI/UX yang dapat integrasi dengan mode gelap tengah menjadi tren. Diikuti oleh 46% yang mengungkapkan animasi yang interaktif jadi tren yang tengah berkembang saat ini.

Dalam laporan Unlocking Insights and Trends in the UI/UX Landscape ini, Populix juga menemukan sebanyak 74% responden merasa puas dengan pengalaman mereka terhadap aplikasi-aplikasi seluler yang dimilikinya.

"Pengalaman pengguna ini berkaitan erat dengan fungsionalitas dan desain UI/UX yang mereka miliki," kata Co-Founder dan CTO Populix Jonathan Benhi dalam keterangan resminya, Rabu (27/9/2023). 

Survei ini dilakukan melalui aplikasi Populix pada 9-14 Agustus 2023 dengan melibatkan 1.096 responden dari berbagai wilayah di Indonesia. 

Proporsi responden tercatat seimbang, yaitu perempuan dan laki-laki masing-masing 50%. Adapun responden didominasi oleh kelompok usia 17-25 tahun (57%), dan usia 26-35 tahun (28%).

(Baca juga: Deretan Aplikasi AI Paling Banyak Digunakan di Indonesia, ChatGPT Teratas)

Data Populer
Lihat Semua