Seberapa Sering Konsumen Indonesia Beli Smartphone Baru? Ini Surveinya

Produk Konsumen
1
Nabilah Muhamad 18/09/2023 18:38 WIB
Terakhir Kali Responden Membeli Ponsel/Smartphone Baru (Agustus 2023)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Berbagai produsen smartphone terus berinovasi mengeluarkan seri baru setiap tahunnya. Lantas, kapan terakhir kali konsumen Indonesia membeli smartphone baru?

Menurut hasil survel Populix bertajuk Indonesia Mobile Phone Purchase Behavior, mayoritas atau 36% responden di Indonesia terakhir kali membeli smartphone dalam kurun 1-2 tahun lalu. 

Kemudian, sebanyak 28% responden terakhir kali membeli smartphone kurang dari satu tahun lalu, dan 22% responden membelinya sekitar 2-3 tahun lalu.

Ada pula 8% responden yang terakhir kali beli smartphone dalam kurun waktu 3-4 tahun lalu. Hanya sebagian kecil responden yang terakhir belanja gadget itu 4-5 tahun lalu atau lebih lama, dan hanya 1% yang belum pernah mengganti smartphone-nya.

Survei ini juga menemukan, alasan utama responden mengganti smartphone karena perangkat lamanya sudah tidak mendukung sistem operasi versi terbaru, dengan proporsi 38%.

Lalu ada yang membeli smartphone baru karena kapasitas memori perangkat lama yang sudah penuh (33%), serta ingin memiliki smartphone dengan fitur terbaru (14%).

Populix melaluikan survei ini secara online terhadap 1.096 responden pada 9-14 Agustus 2023. Mayoritas responden berada di Pulau Jawa (45%), diikuti Pulau Sumatra (5%) dan pulau-pulau lainnya (50%).

Responden didominasi oleh kelompok muda yaitu berusia 17-25 tahun (57%), dan usia 26-35 tahun (28%). Berdasarkan pekerjaannnya, responden paling banyak berasal dari kalangan pekerja (51%), diikuti pelajar (27%) dan pengusaha (12%).

(Baca: Belanja Online hingga Mencari Berita, Ini Sederet Tujuan Warga Indonesia Gunakan Internet)

Editor : Adi Ahdiat
Data Populer
Lihat Semua
instagram
Databoks Indonesia (@databoks.id)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari Katadata Indonesia.