Survei SMRC: Elektabilitas Anies-Cak Imin Jauh di Bawah Ganjar dan Prabowo

Politik
1
Nabilah Muhamad 15/09/2023 12:40 WIB
Elektabilitas Simulasi 3 Pasangan Bakal Capres-Cawapres menurut Survei SMRC (September 2023)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) merilis hasil survei terbarunya yang bertajuk Respons Pemilih atas Pasangan Anies-Muhaimin edisi September 2023.

Dalam survei tersebut, SMRC membuat simulasi tiga pasangan bakal calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres), yaitu Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar atau Cak Imin, Prabowo Subianto-Erick Thohir, dan Ganjar Pranowo-Ridwan Kamil.

Alhasil, pasangan calon Ganjar-Ridwan Kamil memperoleh elektabilitas tertinggi, yakni sebesar 35,4%. Di bawahnya ada Prabowo-Erick Thohir yang memperoleh 31,7% suara responden.

Sementara, Anies-Muhaimin yang telah mendeklarasikan pasangannya dengan nama koalisi AMIN, justru mendapatkan elektabilitas terkecil. Mereka hanya hampu mendulang 16,5% suara responden. 

"Ini reaksi publik beberapa hari setelah deklarasi Anies-Muhaimin. Harapan bahwa suara pasangan ini akan meningkat pasca deklarasi belum terjadi,” kata pendiri SMRC Saiful Mujadi dalam laman resminya, Kamis (14/9/2023).

Saiful menilai, hal itu terjadi karena mesin politik partai pendukung Anies-Muhaimin "belum panas", sehingga pemilih butuh waktu untuk masuk ke barisan pendukung pasangan AMIN. 

Adapun hingga saat ini para capres pesaing Anies belum menentukan pasangan cawapresnya.

“Tentu saja pasangan Ganjar maupun Prabowo bisa berubah, tapi setidaknya pasangan Anies-Muhaimin kemungkinan relatif stabil,” kata Saiful.

Survei SMRC ini melibatkan 1.211 responden berusia 17 tahun ke atas atau sudah menikah dan memiliki telepon. Sampel diambil menggunakan teknik pembangkitan nomor telepon secara acak atau random digit dialing (RDD).

Koleksi data dilakukan pada 5-8 September 2023 melalui wawancara via telepon. Survei ini memiliki toleransi kesalahan (margin of error) sekitar 2,9% dan tingkat kepercayaan sebesar 95%.

(Baca juga: Ini Bakal Cawapres Terkuat untuk Ganjar Pranowo menurut Litbang Kompas)

Editor : Adi Ahdiat
Data Populer
Lihat Semua