Cristiano Ronaldo Cetak 850 Gol, Terbanyak untuk Klub atau Timnas?

Olahraga
1
Cindy Mutia Annur 13/09/2023 08:40 WIB
Jumlah Gol yang Dicetak Cristiano Ronaldo Berdasarkan Klub dan Timnas (2002-2023*)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Pemain bintang sepak bola Cristiano Ronaldo berhasil membukukan total 850 gol sepanjang karirnya. Jumlah tersebut terkumpul berkat tambahan satu gol CR7 untuk Al Nassr saat membantai tuan rumah Al Hazm 5-1 dalam laga Liga Arab Saudi, Minggu (3/9/2023).

Menurut situs olahraga Goal.com, mantan striker Juventus, Manchester United, dan Real Madrid ini merupakan salah satu pencetak gol paling produktif dalam sejarah.

“Cristiano Ronaldo adalah sinonim dari gol. Selama 20 tahun karirnya, ia selalu memecahkan rekor, tidak berhenti di mana pun dia bermain, baik di Portugal, Inggris, Spanyol, Italia hingga kini di Arab Saudi,” demikian dilansir dari laman Goal.com, Minggu (10/9/2023).

Lantas, dari mana saja gol yang berhasil dicetak Ronaldo sejak debut karirnya hingga saat ini?

(Baca: Cristiano Ronaldo Kuasai Top Skor Sementara Liga Arab Saudi 2023/2024)

Berdasarkan data Goal.com, pemain sepak bola asal Portugal ini paling banyak mencetak gol saat ia bermain untuk Real Madrid pada 2009-2017. Secara total, CR7 membukukan 450 gol selama bermain untuk klub asal Madrid, Spanyol tersebut.

Dalam perihal trofi, Ronaldo berhasil membawa Madrid meraih juara di Liga Champions sebanyak empat kali, serta membantu klub tersebut memenangkan dua gelar di La Liga. Pada level individu, ia memenangkan Ballon d'Or sebanyak empat kali, di mana ini merupakan rekor terbanyak bagi seorang pemain Eropa.

Terkait gol, CR7 juga memecahkan rekor terbanyak saat bermain untuk Los Blancos. "Khususnya pada musim 2015-2016 ia (Ronaldo) menjadi pencetak gol terbanyak sepanjang masa dan pencetak gol terbanyak dalam sejarah Liga Champions," kata Goal.com.

Berikutnya, Ronaldo juga banyak mencetak gol untuk Manchester United dengan total 145 gol. Kemudian, diikuti untuk tim nasional (timnas) Portugal sebanyak 123 gol dan Juventus sebanyak 101 gol.

Adapun Ronaldo telah menyelesaikan musim pertamanya di klub Arab Saudi dengan mencetak 14 gol dari 19 pertandingan untuk Al-Nassr. Sementara, sepanjang musim ini ia telah mencetak 12 gol dari 11 pertandingan. Alhasil, total gol yang dikantongi Ronaldo untuk Knights of Najd sebanyak 26 gol.

Di sisi lain, gol yang paling sedikit dicetak Ronaldo adalah untuk klub Portugal, Sporting CP. Ia hanya berhasil mencetak 5 gol untuk klub pertamanya di dunia sepak bola.

(Baca: Ini Pencetak Gol Sundulan Terbanyak di Dunia, Cristiano Ronaldo Cetak Rekor Baru)

Editor : Adi Ahdiat
Data Populer
Lihat Semua