Peneliti dari Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, Muhammad Iqrom, beserta empat akademisi menganalisis sentimen yang muncul dari ulasan aplikasi tiga perusahaan transportasi online terbesar di Indonesia, yakni Grab, Gojek, dan Maxim pada 2024.
Dalam jurnal Analisis Sentimen Aplikasi Gojek, Grab, Dan Maxim Menggunakan Algoritma Support Vector Machine, peneliti melabelkan tiga sentimen utama, yakni sentimen positif, negatif, dan netral.
Hasilnya, sentimen netral mendominasi ketiga aplikasi, dengan Gojek memiliki persentase tertinggi, yakni 63,06%. Diikuti oleh Grab sebesar 43,83% dan Maxim 44%.
Namun, sentimen positif terbesar terdapat pada Maxim, yakni 42,45%. Sementara Grab dan Gojek masing-masing mencatat 32,83% dan 20,21%.
Sementara untuk sentimen negatif, Grab mencatatkan yang tertinggi, yakni 23,34%. Di bawahnya ada Gojek dengan 16,74% dan Maxim 13,55%.
"Hal ini menggambarkan variasi persepsi pengguna terhadap masing-masing aplikasi," tulis peneliti dalam laporan yang dikutip pada Selasa (20/5/2025).
Selain menganalisis sentimen positif hingga negatif, peneliti juga mengungkap variabel sentimen lainnya. Secara keseluruhan, keunggulan Maxim terletak pada harga kompetitif dan profesionalisme pengemudi. Dalam penelitian ini, Gojek mencatatkan performa terbaik dalam klasifikasi sentimen dengan akurasi mencapai 94%, diikuti oleh Maxim 90%, dan Grab 87%.
Penelitian ini melakukan analisis sentimen terhadap aplikasi Gojek, Grab, dan Maxim yang ditemukan di Google Play Store. Pada tahap awal, data ulasan dari ketiga aplikasi tersebut diambil menggunakan bahasa pemrograman Python dengan memanfaatkan pustaka Google Play Scraper.
Peneliti menggunakan teknik scrapping Python yang dapat digunakan untuk mengambil data selama satu tahun terakhir, yaitu pada 2024. Hasilnya, aplikasi Gojek, Grab, dan Maxim masing-masing menerima 1800 baris data.
Pelabelan sentimen dilakukan secara manual, dibantu oleh ahli atau pakar bahasa, yaitu Dina Auliya, S.Pd, M.Pd Gr. Pelabelan dilakukan terhadap total 5.400 data ulasan yang terdiri dari masing-masing 1.800 ulasan untuk aplikasi Gojek, Grab, dan Maxim. Hasil penelitian dipublikasikan pada Maret 2025.
(Baca juga: Kondisi Pekerja Platform Digital Belum Layak, Termasuk Ojol)