LRT Jabodebek Beroperasi, KAI Beri Tarif Diskon hingga Akhir September 2023

Transportasi & Logistik
1
Nabilah Muhamad 29/08/2023 09:04 WIB
Besaran Tarif Diskon, Tarif Terdekat, dan Tarif Terjauh LRT Jabodebek (Agustus-September 2023)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Moda transportasi Light Rail Transit (LRT) Jakarta, Bogor, Depok, Bekasi (Jabodebek) diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada Senin, 28 Agustus 2023. 

Bertepatan dengan operasional perdana sekaligus HUT ke-78 RI, PT Kereta Api Indonesia (KAI) memberikan promo diskon 78% yang diwujudkan dalam tarif flat, jarak jauh maupun dekat dikenakan Rp5.000. Promo tersebut berlaku untuk seluruh lintasan LRT Jabodebek sejak hari pertama diresmikan hingga akhir September 2023.

Sementara itu, tarif normal LRT Jabodebek telah ditetapkan melalui Keputusan Menteri Perhubungan Republik Indonesia Nomor KM 67 Tahun 2023 tentang Tarif Angkutan Orang dengan Kereta Api Ringan Terintegrasi di Wilayah Jabodebek untuk Melaksanakan Kewajiban Pelayanan Publik. 

Berdasarkan regulasi tersebut, tarif dasar LRT Jabodebek ditetapkan mulai Rp5.000 untuk 1 km pertama, dan Rp700 per km berikutnya. Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo mengatakan, diskon tarif tersebut bertujuan mendorong minat masyarakat agar beralih dari kendaraan pribadi ke transportasi umum dengan biaya yang lebih terjangkau.

(Baca juga: Ini Tarif LRT Jabodebek yang Sudah Disubsidi Pemerintah)

"Kehadiran LRT Jabodebek diharapkan dapat menjadi salah satu solusi kemacetan di Jakarta dan sekitarnya. Nantinya terdapat 434 perjalanan LRT Jabodebek yang siap melayani penumpang setiap hari," kata  Didiek Hartantyo dalam keterangan resminya, Senin (28/8/2023).

Ia juga menjelaskan, secara total ada 31 trainset atau rangkaian kereta yang akan disiapkan. Rinciannya, 27 trainset untuk keperluan operasional, dan 4 trainset untuk cadangan. 

Dalam satu trainset LRT Jabodebek terdiri atas 6 kereta. Sementara dalam satu rangkaian keretanya mampu menampung hingga 1.308 penumpang.

LRT Jabodebek akan melayani masyarakat di 18 stasiun yang menghubungkan wilayah Jabodebek. Stasiun-stasiun tersebut adalah Stasiun Dukuh Atas, Setiabudi, Rasuna Said, Kuningan, Pancoran, Cikoko, Ciliwung, Cawang, TMII, Kampung Rambutan, Ciracas, Harjamukti, Halim, Jatibening Baru, Cikunir I, Cikunir II, Bekasi Barat, dan Jati Mulya.

“Melalui Kerjasama yang harmonis, KAI bersama Pemerintah dan stake holders lainnya berkomitmen memberikan layanan terbaik bagi masyarakat Indonesia," pungkas Didiek.

(Baca juga: Perbandingan Biaya Proyek LRT dan MRT, Mana yang Lebih Mahal?)

Data Populer
Lihat Semua