Penerbangan Internasional dari Kaltim Meningkat Pesat pada Juni 2023

Transportasi & Logistik
1
Nabilah Muhamad 07/08/2023 18:20 WIB
Jumlah Penumpang Penerbangan Internasional dari Bandara SAMS Kalimantan Timur (Mei-Juni 2023)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) Kalimantan Timur (Kaltim), jumlah penumpang angkutan udara tujuan luar negeri dari Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan Balikpapan, Kaltim, mencapai 8.347 orang pada Juni 2023.

Jumlah penumpang penerbangan internasional dari Bandara SAMS Kaltim itu meningkat hingga 100,75% (month-on-month/mom) atau bertambah dua kali lipat secara bulanan. Sebelumnya, pada Mei 2023 Bandara SAMS hanya melayani keberangkatan 4.158 penumpang penerbangan internasional.

Jika diakumulasikan, jumlah penumpang penerbangan internasional dari Bandara SAMS Kaltim periode Januari-Juni 2023 mencapai 19.796 orang. 

Jumlah tersebut juga meningkat 686,8% (year-on-year/yoy) dibandingkan Januari-Juni tahun lalu yang hanya 2.516 orang.

Saat ini, Bandara SAMS Sepinggan memang merupakan satu-satunya bandara di Kalimantan Timur yang melayani penerbangan ke luar negeri. Rute internasional yang tersedia adalah penerbangan ke Kuala Lumpur, Singapura, serta Dubai.

Adapun peningkatan jumlah penumpang internasional di Kaltim ini seiring dengan berjalannya proyek pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN).

Melansir dari Katadata.co.id, dalam beberapa waktu belakangan sudah ada sejumlah investor asing yang melakukan peninjauan ke IKN. Pada Juni 2023, tercatat ada 167 investor asal Singapura yang mengunjungi lokasi IKN di Kaltim.

(Baca juga: Ini Daftar 10 Bandara Internasional Terbaik di Dunia 2023 Versi "Travel and Leisure")

Editor : Adi Ahdiat
Data Populer
Lihat Semua