Salip Low Tuck Kwong, Hartono Bersaudara Kembali Jadi Orang Terkaya Indonesia

Ekonomi & Makro
1
Cindy Mutia Annur 09/06/2023 12:10 WIB
10 Orang Terkaya di Indonesia Versi Forbes (9 Juni 2023)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Menurut data Forbes Real Time Billionaire, Hartono bersaudara kembali menempati posisi puncak daftar orang terkaya di Indonesia per 9 Juni 2023. Sebelumnya, posisi mereka sempat disalip oleh Low Tuck Kwong.

Robert Budi Hartono menempati posisi teratas dengan kekayaan mencapai US$26,6 miliar atau setara Rp395,14 triliun (asumsi kurs Rp14.855/US$). Harta itu juga menjadikannya orang terkaya ke-55 sedunia.

Kemudian kakaknya, Michael Hartono, berada di posisi kedua dengan kekayaan US$25,4 miliar. Sementara, pengusaha batu bara Low Tuck Kwong yang sebelumnya berada di posisi puncak, kini menduduki urutan ketiga dengan kekayaan US$19,9 miliar.

Kekayaan bos batu bara Bayan Resources itu sempat meningkat pesat pada pertengahan tahun lalu, imbas dari melonjaknya harga batu bara. Namun, dalam sebulan terakhir, harga saham perusahaannya yang berkode emiten BYAN itu anjlok, seiring harga batu bara yang melemah.

Adapun Hartono bersaudara merupakan pemilik perusahaan rokok kretek, PT Djarum, dan pemegang saham pengendali BCA. Dari sumber kekayaan tersebut, harta mereka terus melejit dan mampu menyalip posisi Low Tuck Kwong.

Di bawah Low Tuck Kwong, terdapat sejumlah nama pengusaha besar lainnya di Indonesia. Di antaranya, Sri Prakash Lohia, Prajogo Pangestu, Chairul Tanjung, Tahir & Family, Djoko Susanto, Lim Hariyanto Wijaya Sarwono, serta Dewi Kam.

Berikut daftar 10 orang terkaya di Indonesia per 9 Juni 2023 menurut Forbes Real Time Billionaire:

  1. Budi Hartono: US$26,6 miliar
  2. Michael Hartono: US$25,4 miliar
  3. Low Tuck Kwong: US$19.9 miliar
  4. Sri Prakash Lohia: US$7,2 miliar
  5. Prajogo Pangestu: US$5,3 miliar
  6. Chairul Tanjung: US$4,9 miliar
  7. Tahir dan keluarga: US$4,4 miliar
  8. Lim Hariyanto Wijaya Sarwono: US$4,2 miliar
  9. Djoko Susanto: US$4,2 miliar
  10. Dewi Kam: US$3,2 miliar

(Baca: Berapa Banyak Crazy Rich di Indonesia?)

Editor : Adi Ahdiat
Data Populer
Lihat Semua