Referensi Berdagang: Ini Jenis Video yang Kerap Dibuat Pemasar Profesional

Teknologi & Telekomunikasi
1
Erlina F. Santika 04/05/2023 08:00 WIB
Proporsi Jenis Video Marketing yang Dibuat Pemasar Profesional (2023)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Terdapat beragam cara bagi pemasar untuk memasarkan produknya melalui video marketing. Lembaga riset Wyzowl menghimpun jenis video yang kerap dibuat oleh pemasar profesional saat menjual produk.

Video marketing paling jamak yang dibuat pemasar adalah video di media sosial, yang dipilih oleh 71% respondennya. Video di media sosial memang punya ciri khas kuat, misalnya berdurasi pendek, punya visual hingga audio yang menarik pengguna.

Urutan kedua ada penjelasan video atau explainer video, yang dipilih 70% responden. Ketiga, video presentasi yang dipilih oleh 50% responden.

Keempat, ada video testimoni, yang dipilih 46% responden. Dengan proporsi yang sama di posisi kelima, pemasar profesional yang menjadi responden ini juga memilih video iklan (ads).

Menariknya, pemasar juga menyorot pengguna baru dalam mengenalkan produk. Testimoni pengguna baru dipilih oleh 21% responden.

Apakah hanya mengandalkan konsumen untuk memperkuat kesan produk?

Wyzowl menyebut, pemasar juga tetap mengambil video para pekerja, di antaranya pelatihan staf (20% responden) dan pengenalan pekerja baru terhadap produk (15%).

Wyzowl memberi catatan untuk para pedagang, yang paling penting adalah gunakan banyak jenis video, tidak terfokus pada satu jenis saja.

Riset video marketing ini melibatkan 528 responden pada November 2022. Sampel yang diambil adalah pemasar profesional, perusahaan, dan konsumen online yang tersebar di beberapa negara. Wyzowl tidak merincikan demografi responden dan wilayah riset.

"Kami memisahkan kelompok ini dengan pertanyaan pendahuluan, memastikan bahwa responden hanya diminta untuk menjawab pertanyaan yang relevan dengan mereka," tulis tim.

(Baca juga: Penggunaan Video untuk Marketing Semakin Diminati Para Pemasar)

Data Populer
Lihat Semua