Makeup hingga Pasta Gigi, Ini Produk Kecantikan dan Perawatan Pribadi dengan Logo Halal yang Digunakan Konsumen Muslim Indonesia

Produk Konsumen
1
Cindy Mutia Annur 03/05/2023 17:12 WIB
Ragam Produk Kecantikan dan Perawatan Pribadi dengan Logo Halal yang Biasa Digunakan Konsumen Muslim Indonesia (Maret 2023)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Tren pembelian produk berlogo halal tak hanya dari makanan dan minuman saja, melainkan produk kecantikan dan perawatan pribadi. Produk-produk halal itu meliputi makeup hingga pasta gigi.

Menurut hasil survei Populix, pasta gigi merupakan produk perawatan pribadi dengan logo halal yang paling banyak digunakan konsumen muslim di Indonesia. Sebanyak 68% responden lebih memilih pasta gigi berlogo halal.

Kemudian, sebanyak 59% responden memilih sampo berlogo halal. Diikuti produk lainnya seperti sabun pencuci muka 53%, pembersih wajah 45%, dan deodoran 42%.

“Produk kecantikan dan perawatan pribadi dengan logo halal, seperti pasta gigi, sampo, pencuci muka, pembersih muka, dan deodoran, umum digunakan oleh konsumen muslim,” demikian dikutip dari laporan bertajuk Insight and Customer Perspective of Halal Industry in Indonesia.

Di sisi lain, responden yang menggunakan produk kecantikan dan perawatan pribadi dengan logo halal lainnya lebih sedikit seperti terlihat pada grafik di atas.

Survei Populix juga menemukan, konsumen muslim di Indonesia pada umumnya percaya bahwa sebagian besar produk kecantikan yang sedang tren sudah memiliki logo halal.

“Namun, jika ada produk kecantikan yang tidak memiliki logo halal, mereka tidak membelinya atau menjadi ragu untuk melakukannya,” tulis Populix.

Adapun survei ini dilakukan melalui aplikasi Populix pada Maret 2023 terhadap 1.014 responden muslim di seluruh Indonesia. Mayoritas responden adalah pekerja dengan status ekonomi kelas menengah.

(Baca: Logo Halal Jadi Pertimbangan Utama Konsumen Muslim RI Saat Membeli Produk Makanan)

Data Populer
Lihat Semua