Logo Halal Jadi Pertimbangan Utama Konsumen Muslim RI Saat Membeli Produk Makanan

Produk Konsumen
1
Cindy Mutia Annur 27/04/2023 20:43 WIB
Ragam Faktor Pertimbangan Konsumen Muslim Indonesia Saat Membeli Produk Makanan (Maret 2023)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Konsumen muslim Indonesia sangat memperhatikan keberadaan logo halal saat membeli produk makanan atau minuman.

Hal ini berdasarkan temuan survei Populix yang menemukan bahwa 93% responden mengatakan pencantuman logo halal pada produk makanan merupakan hal yang penting. Sehingga, ini menjadi pertimbangan utama konsumen muslim saat membeli sebuah produk.

“Konsumen muslim di Indonesia memprioritaskan keberadaan logo halal sebagai aspek terpenting sebelum memeriksa konten kemasan pada produk makanan,” demikian dikutip dari laporan bertajuk Insight and Customer Perspective of Halal Industry in Indonesia.

Faktor pertimbangan saat membeli produk makanan lainnya yang tidak kalah penting menurut hasil survei tersebut adalah informasi mengenai kandungan produk yang jelas (90%), produk dapat memenuhi kebutuhan (85%), dan kemasan yang ramah lingkungan (70%).

Sementara faktor pertimbangan lainnya seperti produk makanan diproduksi di dalam negeri, kemasan dapat diisi ulang, dan diproduksi di luar negeri memiliki persentase lebih sedikit seperti terlihat pada grafik di atas. 

Survei tersebut juga menemukan alasan utama konsumen Indonesia memilih produk dengan logo halal yaitu karena konsumen merasa aman (75%) dan merasa ada jaminan kualitas mutu (63%). Ada pula responden yang mengatakan membeli produk dengan logo halal sudah menjadi prinsip dalam hidup (44%) dan sudah terbiasa (25%).

Meskipun ada logo halal, survei itu juga menunjukkan bahwa mayoritas responden masih mengecek informasi bahan baku yang digunakan pada produk makanan. Terdiri dari responden yang selalu mengeceknya (47%), mengeceknya kadang-kadang (49%), dan tidak pernah mengeceknya (4%).

Adapun survei ini dilakukan melalui aplikasi Populix pada Maret 2023 terhadap 1.014 responden muslim di seluruh Indonesia. Mayoritas responden adalah pekerja dengan status ekonomi kelas menengah.

(Baca: Bukan RI, Ini Destinasi Wisata Halal Terbaik di Asia Tenggara)

Data Populer
Lihat Semua