Berapa Banyak Populasi Muslim Kalangan Muda di Dunia?

Demografi
1
Erlina F. Santika 21/04/2023 10:10 WIB
Populasi Umat Muslim Berdasarkan Generasi Muda di Dunia (2022)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Dalam laporan Global Muslim Travel Index 2022 yang diterbitkan oleh Mastercard-CrescentRating menyebut, total populasi muslim di dunia menyentuh 2 miliar orang pada 2022. Jumlah itu naik 25% dari tahun sebelumnya.

Mereka tersebar di 200 negara. Adapun proporsi untuk muslim perempuan mencapai 49,2% dan laki-lakinya 50,8%.

Tim riset kemudian menghimpun populasi berdasarkan generasi, khususnya generasi muda. Ini sekaligus untuk mengukur peluang wisata halal di dunia, yang menjadi konsentrasi penelitiannya.

Hasilnya, gen Z, yang diperkirakan lahir pada 1995-2012, merupakan generasi dengan muslim terbanyak dengan jumlah 27,2% dari total populasi muslim dunia. Persentase itu lebih tinggi dari rata-rata global sebanyak 26%.

Generasi Z terbiasa beradaptasi, menurut penelitian ini. Maka, minimnya fasilitas ramah Muslim di tempat wisata negara-negara lain, tidak menghalangi para traveler gen Z ini untuk melancong.

"Sebaliknya, mereka menyesuaikan kebutuhan mereka agar sesuai dengan lingkungan mereka, karena yang lebih penting bagi mereka adalah mengalami tujuan," tulis tim dalam laporannya.

Contohnya, mereka bisa beralih ke konsumsi makanan vegetarian atau menyiapkan makanan instan saat tak mendapati makanan halal di sekitar tempat wisata, memenuhi kewajiban salat di lingkungan yang asing, dan lainnya.

"Pandemi berdampak pada kelulusan, magang, dan dunia kerja. Namun, karena kemampuan beradaptasi adalah salah satu ciri utama mereka, mereka akan tetap berbagi cerita, memberi pengaruh ke yang lain akan pengalaman bepergiannya," demikian dikutip dari laporan tersebut.

(Baca juga: Gen Z Paling Banyak Belanja untuk Internet dan Makan)

Generasi terbanyak kedua adalah milenial, yang diperkirakan lahir pada 1977-1994, mencapai 22,9% atau nyaris 23% dari populasi Muslim global. Mereka juga diyakini sebagai segmen yang bisa memberi pengaruh besar dalam membentuk fase Muslim travel berikutnya.

Karakteristik milenial yang tetap terhubung, memungkinkan mereka untuk memilih pengalaman dengan ulasan dan rekomendasi sejawat yang dapat diakses secara online. Hal ini harus bisa dibaca oleh para penyelenggara atau pemilik tempat wisata agar bisa membentuk jejaring di antara mereka.

Terakhir adalah gen alfa, sebesar 21,5%. Generasi ini diperkirakan lahir antara 2010-2024, yang menjadi anak dari generasi milenial atau adik gen Z.

Total ketiga generasi ini diyakini mencapai 1,46 miliar orang.

(Baca juga: Ini yang Dilakukan Gen Z saat Menerima Gaji Pertama)

Data Populer
Lihat Semua