Destinasi Wisata Halal Terbaik di Dunia 2022, Indonesia Peringkat ke-2

Pariwisata
1
Vika Azkiya Dihni 08/06/2022 13:20 WIB
10 Destinasi Wisata Halal Terbaik di Dunia Versi Global Muslim Travel Index (GMTI) 2022
katadata logo databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Indonesia merupakan salah satu negara yang punya potensi wisata halal mengingat mayoritas penduduknya beragama Islam. Dengan besarnya potensi wisata halal di Tanah Air, Indonesia kembali menorehkan prestasinya di level internasional.

Dalam pemeringkatan Global Muslim Travel Index (GMTI) tahun 2022, destinasi wisata halal Indonesia berhasil meraih peringkat kedua dari 138 negara. Posisi ini naik dari tahun 2021 yang berada di urutan keempat dunia.

Pada GMTI 2022, peringkat pertama tetap diraih oleh Malaysia dengan skor 74 poin. Turki dan Arab Saudi bersama Indonesia menempati peringkat kedua dengan total poin yang sama, yaitu 70.

Penilaian GMTI 2022 ini memiliki empat indikator utama sebagai tolok ukur, yaitu kemudahan akses ke tempat tujuan, komunikasi, lingkungan, dan pelayanan.

Kemudahan akses dalam hal ini meliputi persyaratan visa, konektivitas udara, dan akses darat ke tujuan. Infrastruktur transportasi dalam hal kualitas jalan, kereta api, dan layanan transportasi udara juga menjadi metrik penting dalam menentukan kemudahan akses di destinasi wisata.

Penilaian dari komunikasi meliputi kemampuan bahasa di tempat tujuan, edangkan dari segi lingkungan akan dinilai apakah wisatawan muslim memiliki tempat yang aman untuk menikmati masa inap mereka.

Sementara itu, pelayanan kepada wisatawan muslim adalah kriteria paling penting. Pelayanan dalam hal ini meliputi fasilitas yang harus memenuhi kebutuhan wisatawan muslim, termasuk makanan halal, tempat sholat, dan fasilitas muslim lainnya.

Berikut 10 destinasi wisata halal terbaik di dunia versi Global Muslim Travel Index 2022:

  1. Malaysia (74)
  2. Indonesia (70)
  3. Arab Saudi (70)
  4. Turki (70)
  5. Uni Emirat Arab (66)
  6. Qatar (64)
  7. Iran (63)
  8. Yordania (63)
  9. Bahrain (62)
  10. Singapura (62)

(Baca Juga: Produk Halal Indonesia: Hanya Konsumsi Kosmetik yang Tumbuh Saat Pandemi)

 

Editor : Annissa Mutia
Data Populer
Lihat Semua
instagram
Databoks Indonesia (@databoks.id)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari Katadata Indonesia.
twitter
Databoks Indonesia (@databoksid)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari @katadatacoid.