Gen Z Paling Banyak Belanja untuk Internet dan Makan

Layanan konsumen & Kesehatan
1
Dwi Hadya Jayani 13/01/2022 18:20 WIB
Kebutuhan Rutin Bulanan Gen Z (September 2021)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Hasil survei Katadata Insight Center (KIC) dan Zigi menunjukkan, porsi belanja rutin bulanan gen Z paling banyak atau 72,9% untuk komunikasi, seperti membeli pulsa, internet, dan lain sebagainya.

Setelah itu, belanja bahan makanan menjadi kebutuhan rutin terbanyak kedua gen Z. Sebanyak 51,2% gen Z mengaku melakukan belanja bahan makanan secara rutin setiap bulan. Kemudian, 34,9% gen Z membelanjakan uangnya secara rutin untuk bahan bakar.

(Baca: KIC: Mayoritas Gen Z dan Y Akui Pengeluaran Bulanan Lebih Besar dari Pendapatan)

Belanja rutin selanjutnya digunakan untuk bayar tagihan rutin, seperti cicilan rumah, kendaran, dan lain sebagainya sebesar 32,3%. Kemudian, 31,4% gen Z membelanjakan uangnya secara rutin untuk membeli makan dan minuman di luar.

Pengeluaran terendah digunakan untuk hiburan. Hanya sebanyak 9,3% responden gen Z membelanjakan uangnya untuk liburan. Ada pula 13,4% gen Z yang memiliki pengeluaran rutin untuk hobi dan hiburan.

Survei tersebut diselenggarakan pada 6 hingga 12 September 2021 dengan tujuan menggali kondisi keuangan masyarakat di tengah pandemi, terutama pada gen Z dan gen Y. Selain itu, survei ini juga dilakukan untuk menggali perilaku keuangan dan persepsi terhadap investasi.

Responden yang terlibat dalam survei KIC dan ZIGI sebanyak 5.204 orang melalui online. Responden yang dipilih berusia 15 tahun ke atas yang mengakses internet.

Editor : Annissa Mutia
Data Populer
Lihat Semua