BSI, Bank Syariah yang Paling Banyak Digunakan Masyarakat Indonesia

Keuangan
1
Cindy Mutia Annur 03/05/2023 17:11 WIB
Bank Syariah yang Digunakan Responden (Maret 2023)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Menurut survei Populix, Bank Syariah Indonesia (BSI) merupakan bank syariah yang paling banyak digunakan di Indonesia. Sebanyak 51% responden mengaku menggunakan jasa bank syariah tersebut.

"Bank syariah yang umum digunakan adalah BSI, sedangkan produk keuangan yang paling umum mereka gunakan adalah tabungan syariah, karena sesuai dengan prinsip syariah," kata tim riset Populix dalam laporan Insight and Customer Perspective of Halal Industry in Indonesia.

(Baca: Pembiayaan Syariah di Indonesia Meningkat Sepanjang 2022)

Berikutnya ada BCA Syariah yang digunakan oleh 22% responden, Aladin Syariah 10%, dan Bank Muamalat 9%.

Sementara, responden yang menggunakan bank syariah lainnya seperti BTN Syariah, CIMB Niaga Syariah, Bank Mega Syariah, hingga OCBC NISP Syariah lebih sedikit, seperti terlihat pada grafik di atas.

Survei Populix juga menemukan bahwa produk bank syariah yang paling banyak digunakan responden adalah tabungan syariah (73%), diikuti tabungan haji (19%), deposit syariah (15%), pinjaman syariah (11%), KPR syariah (9%), giro syariah (8%), dan pergadaian syariah (5%).

Survei ini dilakukan melalui aplikasi Populix pada Maret 2023 terhadap 1.014 responden muslim di seluruh Indonesia. Mayoritas responden adalah pekerja dengan status ekonomi kelas menengah.

(Baca: Laba Bersih BSI Meningkat Rp1 Triliun per Tahun sampai 2022)

Editor : Adi Ahdiat
Data Populer
Lihat Semua