Daftar Merek Kue Kaleng Terpopuler di Indonesia, Khong Guan Juara

Produk Konsumen
1
Cindy Mutia Annur 12/04/2023 13:25 WIB
Merek Kue Kaleng yang Diketahui Responden (Maret 2023)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Kue kemasan kaleng merupakan salah satu produk makanan yang banyak diminati konsumen Indonesia, terutama saat bulan Ramadan.

Saat ini ada banyak merek kue kaleng yang beredar di mini market hingga e-commerce. Tapi, merek mana yang paling dikenal konsumen?

Menurut hasil survei Kurious-Katadata Insight Center (KIC), merek kue kaleng terpopuler di Indonesia adalah Khong Guan. Sebanyak 85,5% responden mengaku mengetahui merek tersebut.

Good Time menempati posisi kedua dengan tingkat pengenalan responden 75,2%, diikuti Tango 74,9%, dan Astor 69,7%.

Adapun tingkat pengenalan responden terhadap merek kue kaleng lainnya lebih rendah seperti terlihat pada grafik di atas.

Bukan hanya populer, kue kaleng Khong Guan juga biasa dikonsumsi oleh mayoritas responden saat Ramadan, dengan proporsi mencapai 55,2%.

Merek kompetitor seperti Tango, Good Time, Nabati, Astor, Roma, Monde Butter Cookies, Oreo, Nissin, Gery, Hatari, Selamat, Regal, Royal Choice, dan merek lainnya hanya dikonsumsi oleh sekitar 43,6% sampai 3,9% responden.

Mayoritas responden (71,2%) memilih mengonsumsi kue kaleng merek tertentu karena rasanya lebih enak dibanding merek lain. Sementara, responden yang memilih merek kue kaleng karena memiliki banyak promo jauh lebih sedikit (21,8%).

Survei ini dilakukan terhadap 731 responden yang tersebar di berbagai wilayah Indonesia, dengan proporsi responden laki-laki 58% dan perempuan 42%.

Lebih dari separuh responden berada di Pulau Jawa selain Jakarta (63,9%), kemudian di Jakarta (13,7%), dan Sumatra (10,9%). Proporsi responden yang berasal dari Sulawesi, Bali-Nusa Tenggara, Kalimantan, dan Maluku-Papua di rentang 0,4%-4,5%.

Sebagian besar responden berusia antara 35-44 tahun (33,5%), diikuti kelompok 25-34 tahun (31,1%) dan kelompok 45-54 tahun (19%).

Survei dilakukan pada 31 Maret-8 April 2023 menggunakan metode computer-assisted web interviewing (CAWI), dengan toleransi kesalahan (margin of error) sekitar 3,62% dan tingkat kepercayaan 95%.

(Baca: Bukan Gorengan, Ini Makanan Takjil yang Biasa Dikonsumsi Warga Indonesia Saat Berbuka Puasa)

Editor : Adi Ahdiat
Data Populer
Lihat Semua