Argentina, Negara Peraih Juara Piala Dunia U20 Terbanyak

Olahraga
1
Adi Ahdiat 27/03/2023 10:50 WIB
Negara Peraih Juara Piala Dunia U20 (1977-2019)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Menurut data FIFA, Argentina merupakan negara peraih gelar juara Piala Dunia U20 terbanyak.

Selama periode 1977 sampai 2019 tim nasional sepak bola U20 dari Negeri Tango itu sudah 6 kali menang, melampaui capaian negara-negara lain seperti terlihat pada grafik.

Kendati catatan kemenangannya tinggi, Argentina tak bisa berlaga di Piala Dunia U20 tahun ini karena kalah di babak kualifikasi zona Amerika Selatan atau Copa America.

Namun, kini Argentina dikabarkan tengah mengajukan diri menjadi tuan rumah Piala Dunia U20 2023 untuk menggantikan posisi Indonesia.

Isu itu tersebar setelah FIFA membatalkan drawing atau pengundian grup pertandingan Piala Dunia U20 di Indonesia, lantaran Gubernur Bali menolak keikutsertaan tim nasional U20 Israel.

"Memang kami belum mendapatkan surat resmi dari FIFA. Tapi, pesannya jelas bahwa (pengundian) dibatalkan," kata Anggota Komite Eksekutif PSSI Arya Sinulingga, dilansir Katadata, Minggu (26/3/2023).

"Ini memang kami maklumi karena adanya penolakan dari Gubernur Bali, Pemprov Bali, yang menolak kedatangan tim Israel. Maka dengan sendirinya, drawing tidak mungkin dilakukan tanpa keikutsertaan satu tim peserta," lanjut Arya.

Di tengah situasi ini, media asal Argentina Doble Amarilla menyatakan negaranya siap maju menjadi tuan rumah pengganti.

"Menurut AFA (Asosiasi Sepak Bola Argentina), mereka segera mengajukan permintaan resmi untuk menjadi tuan rumah jika Indonesia keluar dari organisasi, atau jika FIFA memutuskan untuk mengganti tuan rumah," kata Doble Amarilla, Minggu (26/3/2023).

Adapun Argentina sudah berpengalaman menyelenggarakan Piala Dunia U20 tahun 2001, di mana mereka menjadi tuan rumah sekaligus keluar sebagai pemenang turnamen.

(Baca: Daftar Stadion Piala Dunia U20 2023, Mana yang Terbesar?)

Editor : Adi Ahdiat
Data Populer
Lihat Semua