10 Kabupaten/Kota dengan Jumlah Spesimen Diperiksa Terbanyak (Kamis, 23 Maret 2023)

Layanan konsumen & Kesehatan
1
Agus Dwi Darmawan 25/03/2023 12:50 WIB
Kabupaten/Kota Terpilih dengan Jumlah Spesimen Diperiksa Terbanyak
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Dari rekapitulasi data Covid nasional, terdapat 95 kabupaten/kota yang secara agresif melakukan pemeriksaan jumlah spesimen diperiksa di atas rata-rata nasional. Data per Kamis, 23 Maret 2023, rata-rata pemeriksaan nasional tercatat 89,76 spesimen per minggu.

(Baca: 10 Kabupaten/Kota dengan Jumlah Spesimen Diperiksa Terbanyak (Selasa, 21 Maret 2023))

Urutan lima teratas dimulai dari yang terbesar adalah kota Medan, Sleman, Indragiri Hulu, Sidoarjo dan kota Kediri dengan masing-masing angka spesimen per minggu 970 spesimen per minggu, 953 spesimen per minggu, 949 spesimen per minggu, 876 spesimen per minggu dan 826 spesimen per minggu.

Kota Medan berada di urutan pertama. Jumlah spesimen diperiksa di tempat ini tercatat 970 spesimen per minggu. Adapun angka positive rate terakhir adalah 0,15 persen. Positive rate di wilayah ini telah turun dibandingkan persentase pada pekan sebelumnya.

Di urutan berikutnya Sleman. Dalam upaya menangkal pandemi Covid-19, jumlah spesimen diperiksa sebanyak 953 spesimen per minggu. Sedangkan untuk positive rate di wilayah ini tercatat 3,38 persen atau naik dibandingkan rasio pekan sebelumnya.

Kemudian, untuk pemeriksaan jumlah spesimen diperiksa di Indragiri Hulu tercatat 949 spesimen per minggu, Sidoarjo mencatatkan pemeriksaan 876 spesimen per minggu serta pemeriksaan sebanyak 826 spesimen per minggu di kota Kediri.

Mengantisipasi dampak Omciron di berbagai wilayah, berdasarkan rekapitulasi data Covid nasional, terdapat 30 kabupaten/kota di Indonesia yang secara aktif melaporkan jumlah spesimen diperiksa harian dengan angka lebih tinggi dari sebelumnya. Sedangkan, 131 kabupaten/kota lainnya mencatatkan jumlah spesimen diperiksa lebih rendah dibandingkan pemeriksaan pekan sebelumnya.

(Baca: 10 Kabupaten/Kota dengan Jumlah Spesimen Diperiksa Terbanyak (Senin, 20 Maret 2023))

Wilayah di luar Jawa dengan angka jumlah spesimen diperiksa terbanyak beberapa di antaranya adalah kota Medan, Indragiri Hulu dan Kutai Kartanegara dengan masing-masing jumlah spesimen diperiksa yakni 970 spesimen, 949 spesimen dan 642 spesimen.

Meski penularan Covid-19 di sebagian wilayah telah turun, pemerintah mengimbau agar semua orang tetap ikut mengurangi transmisi Covid-19 dengan selalu memakai masker, menjaga jarak, serta sering mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir. Tak berkerumun dan mengurangi mobilitas turut berkontribusi menekan laju penularan virus corona.

Data Populer
Lihat Semua