Ini Penempatan Iklan yang Menarik Menurut Fans Korea di Indonesia

Produk Konsumen
1
Cindy Mutia Annur 10/03/2023 11:20 WIB
Penempatan Iklan yang Menarik Menurut Penggemar Korea di Indonesia (Oktober 2022)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Penempatan iklan merupakan hal penting dalam promosi produk. Biarpun perusahaan memiliki duta merek atau brand ambassador artis Korea Selatan, perusahaan perlu mengetahui penempatan iklan yang tepat agar pesan produk bisa sampai ke target konsumen.

Menurut hasil survei digital dari Telkomsel, tSurvey.id, penempatan iklan yang paling menarik bagi penggemar atau fans konten Korea di Indonesia adalah melalui video. Persentasenya mencapai 59%.

Hal ini sejalan dengan temuan tSurvey.id bahwa konten video merupakan media yang banyak dikonsumsi fans Korea.

"Sebanyak 85% responden pecinta konten Korea mengikuti perkembangan idola Korea-nya menggunakan streaming channel, media sosial (14%), dan TV kabel (4%)," demikian dikutip dari laporan tSurvey.id, Jumat (10/3/2023).

Selain video, survei tersebut menemukan 11% fans Korea menyukai iklan lewat kampanye media sosial, 9% menyukai iklan visual seperti poster, flyer, atau foto, dan 9% menyukai penempatan produk atau brand merchandise di suatu konten.

Ada pula 8% responden yang menyukai penempatan iklan dalam program kolaborasi brand, dan hanya 3% responden yang menyukai iklan out-of-home seperti spanduk, billboard, atau iklan berjalan.

Survei ini dilakukan terhadap 600 responden yang tersebar di berbagai wilayah Indonesia. Responden berusia di atas 18 tahun dengan kombinasi lintas generasi (gen Z, milenial, dan gen X). Adapun tingkat socio-economic status (SES) responden tersebar merata pada SES I-II. Laporan survei lengkapnya dapat dilihat di tautan ini.

(Baca: 10 Drama Korea dengan Rating Tertinggi Awal 2023)

Editor : Adi Ahdiat
Data Populer
Lihat Semua