Pendaftaran SNBP 2023 Resmi Ditutup, Ini Provinsi dengan Jumlah PTN Terbanyak di Indonesia

Layanan konsumen & Kesehatan
1
Cindy Mutia Annur 01/03/2023 17:16 WIB
Jumlah Perguruan Tinggi Negeri/ PTN di Indonesia Berdasarkan Provinsi (2022)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Pendaftaran Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) telah resmi ditutup kemarin, (28/2/2023). Menurut situs resmi SNPMB, pengumuman seleksi calon mahasiswa melalui jalur prestasi akademik dan non akademik ini dapat dilihat pada 28 Maret 2023 mendatang.

Hasil SNBP akan diumumkan pada portal Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) di https://snpmb.bppp.kemdikbud.go.id/.

Lantas, ada berapa banyak perguruan tinggi negeri (PTN) di seluruh Indonesia saat ini?

Menurut laporan Statistik Indonesia, terdapat 125 perguruan tinggi negeri (PTN) di seluruh Indonesia yang berada di bawah Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi pada 2022. Jumlah PTN tak berubah dari tahun sebelumnya.

Adapun secara total, jumlah perguruan tinggi swasta maupun negeri di Indonesia pada 2022  sebanyak 3.107. Ini artinya, jumlah PTN di Indonesia sebanyak 4,02% dari total perguruan tinggi nasional.

Berdasarkan provinsinya, Jawa Timur tercatat memiliki jumlah PTN terbanyak nasional pada tahun lalu yakni 17. Jawa Barat menyusul dengan jumlah 12  PTN.

Posisi berikutnya, Jawa Tengah dan Aceh dengan jumlah PTN masing-masing 9  dan 7. Kemudian, masing-masing ada 5 PTN tersebar di Sumatera Barat, DI Yogyakarta, Kalimantan Timur, dan Sulawesi Selatan.

Jumlah PTN paling sedikit di Indonesia berada di Jambi, Nusa Tenggara Barat, Kalimantan Tengah, Sulawesi Tengah, Gorontalo, Sulawesi Barat, dan Maluku Utara. Ketujuh provinsi tersebut masing-masing hanya memiliki satu PTN.

Meskipun ada 125 PTN di Indonesia pada tahun lalu, tapi menurut situs SNPMB, hanya terdapat 94 PTN yang bisa dipilih calon mahasiswa pada pendaftaran SNBP tahun ini. Berikut daftar lengkapnya https://sidata-ptn-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id/ptn_sn.php.

(Baca: Jumlah Perguruan Tinggi di Indonesia Capai 3.107 Unit pada 2022, Mayoritas dari Swasta)

Editor : Padjar Iswara
Data Populer
Lihat Semua