Tak Hanya Kualitas Gambar, Ini Sederet Faktor Pertimbangan Konsumen Saat Memilih Merek Televisi

Produk Konsumen
1
Cindy Mutia Annur 22/02/2023 13:30 WIB
Ragam Faktor Konsumen dalam Memilih Merek Televisi (Februari 2023)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Pemilihan merek televisi yang tepat penting bagi konsumen untuk meningkatkan kenyamanan saat menggunakannya. Terlebih, ada banyak merek televisi yang dijual di Tanah Air, mulai  merek lokal hingga internasional.

Berdasarkan survei Kurious dari Katadata Insight Center (KIC), mayoritas konsumen Indonesia memilih merek televisi yang terjangkau harganya. Persentasenya mencapai 60%.

Kualitas gambar yang lebih baik dibandingkan merek lainnya juga menjadi faktor pemilihan merek televisi menurut konsumen Indonesia yaitu sebesar 57,3%.

Kemudian, ada 44,9% responden memilih merek televisi karena reputasi merek terpercaya. Berikutnya, sebanyak 43,8% responden memilih merek televisi karena kualitas suara lebih baik dibandingkan merek lain.

Di sisi lain, ada pula konsumen yang memilih merek televisi karena memiliki layanan purna jual yang baik yaitu sebanyak 20,8%. Sisanya, 2,8% responden mengatakan faktor pertimbangan lainnya.

Survei itu juga menunjukkan bahwa mayoritas konsumen Indonesia menggunakan televisi dengan merek Samsung dan Sharp.

Rinciannya, sebanyak masing-masing 32,4% responden menggunakan televisi dengan merek Samsung dan Sharp dalam setahun terakhir. Selain itu, ada pula 32,2% responden yang menggunakan televisi merek LG pada periode yang sama.

Kurious-KIC melakukan survei ini terhadap 581 orang yang tersebar di berbagai wilayah Indonesia, dengan proporsi responden laki-laki 49,7% dan perempuan 50,3%.

Lebih dari separuh responden berada di Pulau Jawa selain Jakarta (64,4%), kemudian di Jakarta (14,6%), dan Sumatera (11,4%). Kemudian, responden dari Kalimantan, Sulawesi, Bali, Nusa Tenggara, Maluku, dan Papua proporsinya lebih kecil (antara 0,5%-3,8%).

Sebagian besar responden berusia antara 35-44 tahun (30,1%), diikuti kelompok 25-34 tahun (29,4%) dan kelompok 45-54 tahun (23,2%).

Survei dilakukan pada 9 - 20 Februari 2023 menggunakan metode computer-assisted web interviewing (CAWI), dengan toleransi kesalahan sekitar 4,06% dan tingkat kepercayaan 95%. Laporan lengkapnya dapat dilihat dan diunduh di tautan ini.

(Baca: Pengguna Internet Meningkat, Riset Nielsen Indonesia: TV Tetap Nomor Satu)

Editor : Padjar Iswara
Data Populer
Lihat Semua