Instagram hingga TikTok, Ini Media Sosial yang Digunakan Warga RI untuk Cari Informasi Soal Asuransi

Keuangan Non Bank
1
Cindy Mutia Annur 09/02/2023 16:41 WIB
Media Sosial yang Digunakan Warga Indonesia untuk Mencari Informasi Tentang Asuransi Swasta (Januari 2023)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Hasil survei Populix menunjukkan, sebanyak 57% masyarakat Indonesia mencari informasi soal asuransi swasta melalui media sosial.

Instagram merupakan media sosial yang kerap digunakan masyarakat Indonesia untuk mencari informasi soal asuransi swasta. Persentasenya mencapai 88%.

YouTube menempati peringkat kedua media sosial yang sering digunakan responden untuk mencari informasi soal asuransi swasta, yakni sebanyak 75%. Lalu, diikuti oleh Facebook sebanyak 68%, WhatsApp 60%, Twitter 54%, dan TikTok 39%.

Ada pula responden yang mencari informasi mengenai asuransi swasta melalui Telegram sebanyak 30%. Disusul oleh Blogger 24% dan Line 5%.

Selain media sosial, survei itu menunjukkan bahwa 67% responden paling banyak mendapatkan informasi tentang penyedia asuransi mereka dari agen. Di bawah media sosial, ada pula yang mencari informasi dari teman  atau keluarga 55%, media massa 46%, dan influencer 21%.

Survei itu juga mencatat, mayoritas pemilik asuransi swasta membayar premi dari uang pribadi sebanyak 72%. Tercatat, lebih dari setengahnya membayar kurang dari Rp750 ribu per bulan.

Adapun survei ini dilakukan melalui aplikasi Populix pada 6-7 Januari 2023 terhadap 1.041 responden berusia 18-55 tahun di seluruh Indonesia. Mayoritas responden pekerja dengan status ekonomi kelas menengah.

(Baca: Berapa Pengeluaran Masyarakat Indonesia untuk Bayar Premi Asuransi Swasta Bulanan?)

Editor : Padjar Iswara
Data Populer
Lihat Semua