Gofood Jadi Platform Paling Laku untuk Jual Makanan UMKM pada 2022

Produk Konsumen
1
Erlina F. Santika 07/02/2023 23:10 WIB
Gofood dan Platform Lain yang Digunakan UMKM untuk Jual Makanannya (2022)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Gofood jadi platform paling laku digunakan para pedagang Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Indonesia. Proporsi ini bisa menyentuh 99,3%.

Layanan pesan-antar online Gofood jadi platform paling laris digunakan para pedagang Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Indonesia. Proporsi ini bisa menyentuh 99,3% dari total responden.

Temuan itu berdasarkan riset Alvara Research Center yang diterbitkan pada November 2022 lalu. Di bawah Gofood, ada GrabFood dengan torehan 98,8%.

Sementara ShopeeFood harus puas di posisi ketiga dengan gap proporsi cukup jauh, 70,2%. Platform lainnya, bisa menyentuh 10,8%.

Secara umum, Alvara menyebut mayoritas UMKM dalam survei ini menggunakan 3 platform online food delivery (OFD). Selain itu, 3 dari 4 UMKM telah bermitra selama lebih dari 3 tahun.

Meski sebelum pandemi Covid-19 jumlah UMKM yang bergabung menggunakan OFD menunjukan peningkatan, tetapi peningkatan tajam terjadi pada tahun pandemi, 2020-2021. Sebanyak 45,8% bergabung menggunakan OFD.

"Ada indikasi minimal 2 platform OFD yang digunakan dan mayoritas adalah pengguna Gofood dan GrabFood," tulis Alvara dalam laporannya.

(Baca juga: Makanan Nusantara Jadi Kategori Terbanyak yang Dijual UMKM Indonesia pada 2022)

Survei ini dilakukan untuk mengukur perkembangan digitalisasi UMKM kuliner di Indonesia dengan menggunakan OFD atau ojek online.

Sedikitnya 1.937 pelaku UMKM menjadi responden. Mereka tersebar di lima daerah besar di Indonesia, yakni Jabodetabek, Surabaya, Medan, Makassar, dan Bandung.

Metode survei menggunakan multistage random sampling dengan margin error 2,27%. Adapun pelaksanaan survei pada Agustus-Oktober 2022.

(Baca juga: Survei: GoFood Bantu UMKM Jangkau Pasar Lebih Luas)

Data Populer
Lihat Semua