Makanan Nusantara Jadi Kategori Terbanyak yang Dijual UMKM Indonesia pada 2022

Produk Konsumen
1
Erlina F. Santika 07/02/2023 21:54 WIB
Proporsi Kategori Makanan yang Dijual UMKM Indonesia (2022)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Makanan nusantara atau makanan daerah jadi ketegori makanan yang paling banyak dijual oleh pengusaha Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Indonesia. Proporsi jenis makanan ini menyentuh 42,3% dari total responden yang diwawancarai oleh lembaga riset Alvara Research Center.

Di urutan kedua dengan jarak cukup jauh, ada aneka mi ayam dan bakso sebesar 9,6%. Ketiga, ada perpaduan makanan atau fusion dengan torehan 5,8%.

Sementara urutan keempat ditempati makanan Asia atau Asian food (India, Thailand, dan Timur Tengah) dengan torehan 4,5%. Tipis di urutan kelima ada makanan barat atau western dengan capaian 4,3%.

Penelitian ini dilakukan untuk mengukur perkembangan digitalisasi UMKM kuliner di Indonesia dengan menggunakan platform online food delivery (OFD) atau ojek online.

Sedikitnya 1.937 pedagang yang terlibat dalam survei tersebar di lima daerah besar di Indonesia, di antaranya Jabodetabek, Surabaya, Medan, Makassar, dan Bandung.

Metode survei menggunakan multistage random sampling dengan margin error 2,27%. Adapun pelaksanaan survei pada Agustus-Oktober 2022.

Berikut kategori dan proporsi makanan yang dijual UMKM di Indonesia:

  • Makanan nusantara 42,3%
  • Aneka mi ayam dan bakso 9,6%
  • Fusion (perpaduan makanan) 5,8%
  • Asian Food 4,5%
  • Western 4,3%
  • Chinese 3,4%
  • Japanese 2,3%
  • Korean 1,4%
  • Lainnya 32,1%

(Baca juga: 15 Negara dengan Masakan Terbaik di Dunia, Indonesia Salah Satunya)

Data Populer
Lihat Semua