Ini Masalah Mendesak yang Harus Dituntaskan Pemimpin 5 Tahun Ke Depan

Politik
1
Viva Budy Kusnandar 01/12/2022 11:30 WIB
Masalah Mendesak yang Harus Diselesaikan Pemimpin Nasional dalam 5 Tahun ke Depan (Nov 2022)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Mengendalikan harga-harga kebutuhan pokok merupakan masalah paling mendesak yang harus diselesaikan oleh pemimpin nasional 5 tahun ke depan. Itu berdasarkan temuan survei nasional Indikator terbaru yang dilaksanakan pada 30 Oktober–5 November 2022.

Dalam survei tersebut, responden diberikan pertanyaan, menurut ibu/bapak mana masalah paling mendesak yang harus diselesaikan oleh pemimpin nasional lima tahun ke depan?

Sebanyak 40,3 responden menjawab mengendalikan harga-harga kebutuhan pokok menjadi masalah paling mendesak harus diselesaikan oleh pemimpin nasional dalam lima tahun ke depan. Artinya, hampir separuh responden menganggap bahwa pengendalian harga kebutuhan pokok menjadi masalah yang paling mendesak untuk dapat diselesaikan oleh pemimpin nasional.

Lapangan kerja atau mengurangi pengangguran menjadi masalah prioritas yang perlu dituntaskan pemerintah berikutnya. Hal itu diungkapkan 16,3% responden. Diikuti mengurangi kemiskinan sebesar 9,8%, pemberantasan korupsi sebesar 9,3%, keamanan/ketertiban sebesar 3,3%.

Masih ada banyak masalah paling mendesak yang harus diselesaikan oleh pemimpin nasional dalam lima tahun ke depan, antara lain, pemerataan pendapan, memajukan sektor pertanian, mendorong pertumbuhan UMKM, serta memperbaiki kualitas pendidikan dengan porsi kurang dari 3%.

Survei nasional Indikator tersebut melibatkan 1.200 responden yang tersebar di 34 provinsi. Pengumpulan sampel menggunakan metode simple random sampling dengan margin of error +/- 2,9% pada tingka kepercayaan sebesar 95%.

Catatan: 1 responden memberi 1 jawaban

(Baca: Survei LSI: Mendesak, Ini 10 Masalah Prioritas untuk Diselesaikan 5 Tahun ke Depan)

 

 

 

Editor : Annissa Mutia
Data Populer
Lihat Semua