Simak Persaingan Ketat Demokrat dan Golkar dalam 3 Survei Terbaru

Politik
1
Annissa Mutia 26/10/2022 15:40 WIB
Elektabilitas Partai Politik Teratas dari Berbagai Lembaga Survei (Juni-Oktober 2022)
katadata logo databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Hasil tiga lembaga survei terkait elektabilitas partai politik jelang Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 memperlihatkan persaingan ketat antara Partai Golongan Karya (Golkar) dan Partai Demokrat di posisi ketiga dan keempat. Sementara posisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dan Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) kokoh di urutan pertama dan kedua.

Menurut survei Litbang Kompas pada 24 September-7 Oktober 2022 secara tatap muka, jumlah pemilih Partai Demokrat menyalip Partai Golkar. Demokrat bertengger di posisi tiga dengan suara mencapai 14 persen. Golkar berada persis di bawah Demokrat, dengan pemilih 7,9 persen.

Dalam survei tersebut, PDI-P masih menjadi partai dengan jumlah pemilih terbanyak pada Oktober 2022, yakni 21,1 persen. PDI-P disusul oleh Gerindra dengan suara 16,2 persen.

Kemudian menurut survei IPS dilaksanakan pada tanggal 1-8 Agustus 2022, tingkat elektabilitas Golkar dan Demokrat beda tipis. Berdasarkan survei ini Golkar memiliki elektabilitas lebih tinggi dari Demokrat. Tercatat pemilih Golkar sebanyak 10,9 persen dan Demokrat 10,8 persen.

Sementara itu, survei LSN yang dilakukan pada 10-24 Juni 2022 menampilkan hasil Partai Demokrat mengungguli Golkar. Lagi-lagi selisih kedua partai ini tergolong tipis, tak lebih dari 1 persen. Partai biru mendapatkan elektabilitas mencapai 11,1 persen, sementara Golkar sebesar 10,1 persen.

 

(baca: Simak Perbandingan Elektabilitas Ganjar, Prabowo, dan Anies dalam 3 Survei Terbaru)





 

Editor : Annissa Mutia
Data Populer
Lihat Semua
instagram
Databoks Indonesia (@databoks.id)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari Katadata Indonesia.
twitter
Databoks Indonesia (@databoksid)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari @katadatacoid.