Ini Provinsi Lumbung Suara Partai Nasdem pada Pemilu 2019

Politik
1
Viva Budy Kusnandar 10/10/2022 18:30 WIB
Perolehan Suara Partai Nasdem pada Pemilu 2019 Menurut Provinsi
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Partai Nasional Demokrat (Nasdem) mendeklarasikan Anies Baswedan sebagai calon presiden (capres) yang akan diusung sebagai presiden (Pilpres) 2024 pada Senin (3/10/2022). Deklarasi tersebut membuat suhu politik kian memanas menjelang pemilihan umum (Pemilu) 2024.

Di hari yang sama, Partai Solidaritas Indonesia (PSI) juga mengumumkan nama calon presidennya yang akan diusung pada pemilihan presiden (Pilpres) 2024, yakni Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Meskipun sebenarnya Ganjar Pranowo adalah kader PDI Perjuangan.

Dari pihak internal Partai Nasdem, pencalonan Anies Baswedan sebagai bakal calon pada Pilpres 2024 mendapat penolakan. Ini tercermin dari beberapa kader partai memilih mundur usai pencalonan Anies.

Pengusungan Anies Baswedan sebagai calon presiden dapat berdampak pada perolehan suara partai pada Pemilu 2024. Pasalnya, Partai Nasdem saat ini identik dengan partai nasionalis, namun para elit partai partai justru mengusung Anies Baswedan yang melakukan politik indentitas pada pemilihan kepada daerah (Pilkada) DKI Jakarta pada 2017.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) perolehan suara Partai Nasdem di Jawa Timur mencapai 2,19 juta suara sah nasional. Raihan tersebut merupakan yang terbesar dibandingkan dengan perolehan suara di provinsi lainnya. Suara terbesar Partai Nasdem berasal dari Jawa Tengah dengan jumlah 1,5 juta suara, diikuti Jawa Barat sebanyak 1,2 juta suara.

Secara nasional, perolehan suara Partai Nasdem sebanyak 12,66 juta suara sah nasional. Jumlah tersebut porsinya mencapai 9,05% dari total suara sah nasional yang mencapai 139,79 juta suara sah nasional.

(Baca: Usung Anies Jadi Capres, Nasdem Belum Penuhi Presidential Threshold)

 

 

Editor : Annissa Mutia
Data Populer
Lihat Semua