10 Kabupaten/Kota dengan Jumlah Orang Ditest Covid-19 Terbanyak (Jumat, 23 September 2022)

Layanan konsumen & Kesehatan
1
Agus Dwi Darmawan 25/09/2022 12:38 WIB
Kabupaten/Kota Terpilih dengan Jumlah Orang Diperiksa Seminggu Terakhir Terbanyak
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Untuk menekan laju penyebaran Covid-19 di daerah, saat ini terdapat 141 kabupaten/kota yang secara agresif melakukan test Covid-19 seminggu terakhir di atas rata-rata nasional. Data per Jumat, 23 September 2022, rata-rata pemeriksaan nasional tercatat 141,48 orang per minggu.

(Baca: Jumlah Konfirmasi Positif Covid-19 Mingguan di Kota Surabaya Menjadi yang Terbanyak di Jawa Timur (Jumat, 23 September 2022))

Urutan lima teratas dimulai dari yang terbesar adalah Tasikmalaya, Malang, Bandung Barat, kota Pekanbaru dan Kudus dengan masing-masing angka orang per minggu 998 orang per minggu, 963 orang per minggu, 949 orang per minggu, 923 orang per minggu dan 899 orang per minggu.

Tasikmalaya berada di urutan pertama. Jumlah orang diperiksa seminggu terakhir di tempat ini tercatat 998 orang per minggu. Adapun angka positive rate terakhir adalah 0,8 persen. Positive rate di wilayah ini naik dibandingkan persentase pada pekan sebelumnya.

Di urutan berikutnya Malang. Dalam upaya menangkal pandemi Covid-19, jumlah orang diperiksa seminggu terakhir sebanyak 963 orang per minggu. Sedangkan untuk positive rate di wilayah ini tercatat 6,96 persen atau telah turun dibandingkan persentase pekan sebelumnya.

Kemudian, Pemeriksaan jumlah orang diperiksa seminggu terakhir tercatat 949 orang per minggu, kota Pekanbaru mencatatkan pemeriksaan 923 orang per minggu serta Kudus mencatatkan pemeriksaan 899 orang per minggu.

Mengantisipasi dampak Omciron di berbagai wilayah, berdasarkan rekapitulasi data Covid nasional, terdapat 176 kabupaten/kota di Indonesia yang secara aktif melaporkan jumlah orang diperiksa seminggu terakhir harian dengan angka lebih tinggi dari sebelumnya. Sedangkan, 173 kabupaten/kota lainnya mencatatkan jumlah orang diperiksa seminggu terakhir lebih rendah dibandingkan pemeriksaan pekan sebelumnya.

(Baca: 10 Kabupaten/Kota dengan BOR Rumah Sakit Covid-19 Tertinggi Nasional (Jumat, 23 September 2022))

Wilayah di luar Jawa dengan angka jumlah orang diperiksa seminggu terakhir terbanyak beberapa di antaranya adalah kota Pekanbaru, kota Bandar Lampung dan kota Samarinda dengan masing-masing jumlah orang diperiksa seminggu terakhir yakni 923 orang, 828 orang dan 778 orang.

Meski penularan Covid-19 di sebagian wilayah telah turun, pemerintah mengimbau agar semua orang tetap ikut mengurangi transmisi Covid-19 dengan selalu memakai masker, menjaga jarak, serta sering mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir. Tak berkerumun dan mengurangi mobilitas turut berkontribusi menekan laju penularan virus corona.

Data Populer
Lihat Semua