SMRC: Elektabilitas Ganjar Pranowo Ungguli Prabowo dan Anies pada Agustus 2022

Politik
1
Viva Budy Kusnandar 09/09/2022 14:00 WIB
Elektabilitas Capres Simulasi Tertutup 3 Nama Menurut SMRC, Ganjar Pranowo Unggul (Agt 2022)
katadata logo databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo akan menjadi pemenang pada pemilihan presiden (Pilpres) 2024 jika pemungutan suara di gelar hari ini (pada saat dilakukan survei Agustus 2022).

Hal tersebut berdasarkan hasil temuan dari survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) yang dirilis pada Kamis (8/9/2022).

Nama Ganjar unggul dari Menteri Pertahanan dan juga Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dalam simulasi tertutup 3 nama yang dilakukan SMRC. Dari beberapa simulasi, nama Ganjar selalu unggul dari para pesaingnya.

Dari simulasi tertutup 3 nama, Ganjar meraih elektabilitas 32% suara responden, diikuti Prabowo Subianto sebesar 30,8% suara responden, dan Anies Baswedan sebesar 21,9% suara responden. Sementara responden yang tidak tahu (TT)/tidak menjawab (TJ) sebesar 15,3%.

Salah satu faktor yang membuat elektabilitas Capres Ganjar Pranowo unggul adalah tingkat kesukaan masyarakat terhadap Gubernur Jawa Tengah yang tinggi, yakni mencapai 83% dari responden yang tahu. Angka tersebut lebih tinggi dari tingkat kedisukaan Anies yang hanya sebesar74% dan Prabowo sebesar 71% dari responden yang tahu.

Survei SMRC dilakukan pada 5-13 Agustus 2022 dengan melibatkan 1.220 responden yang tersebar di 34 provinsi. Margin of error sampling sebesar 3,1% dengan tingkat kepercayaan 95%.

(Baca: Elektabilitas Capres Ganjar Pranowo Tertinggi Versi LSI di Agustus 2022)

Editor : Annissa Mutia
Data Populer
Lihat Semua
instagram
Databoks Indonesia (@databoks.id)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari Katadata Indonesia.
twitter
Databoks Indonesia (@databoksid)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari @katadatacoid.