Litbang Kompas: Elektabilitas Prabowo Teratas, Kalahkan Ganjar & Anies

Politik
Penulis
Cindy Mutia Annur 23/06/2022 10:40 WIB
Elektabilitas Sejumlah Tokoh Calon Presiden dalam Survei Litbang Kompas (Juni 2022)
katadata logo databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo, dan Anies Baswedan merupakan tiga tokoh yang paling populer dalam bursa pemilihan calon presiden 2024 mendatang. Berdasarkan hasil survei Litbang Kompas, nama Prabowo berada di posisi teratas dengan elektabilitas sebesar 25,3%.

Sementara itu, Ganjar dan Anies berada di posisi kedua dan ketiga. Tercatat, elektabilitas Ganjar sebesar 22% dan Anies sebesar 12,6%.

Nama lain yang menjadi kandidat dalam survei ini adalah Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno dengan elektabilitas 4,4%. Berikutnya, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil yang dipilih oleh 3,4% responden.

Ada pula tokoh lainnya yang masuk dalam bursa pemilihan seperti Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono dengan elektabilitas 3,1%, Komisaris Utama PT Pertamina (Persero) Basuki Tjahaja Purnama 2,1%, dan Menteri Sosial Tri Rismaharini dengan elektabilitas 2%.

Sedangka, dua nama terbawah adalah Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir dan Panglima TNI Jenderal (TNI) Andika Perkasa dengan elektabilitas masing-masing 1,5% dan 1,4%.

Survei ini dilakukan terhadap 1.200 responden di 34 provinsi pada 26 Mei hingga 4 Juni 2022. Responden dipilih secara acak menggunakan metode pencuplikan sistematis. Adapun, margin of error survei ini berada di rentang 2,8%.

(Baca: SMRC: Mayoritas Pemilih NasDem Dukung Ganjar Jadi Capres 2024)

Editor : Annissa Mutia
Data Populer
see more
instagram
Databoks Indonesia (@databoks.id)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari Katadata Indonesia.
twitter
Databoks Indonesia (@databoksid)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari @katadatacoid.