SMRC: Mayoritas Pemilih NasDem Dukung Ganjar Jadi Capres 2024

Politik
1
Cindy Mutia Annur 20/06/2022 18:00 WIB
Dukungan Pemilih NasDem Terhadap 3 Capres Pilihan*
katadata logo databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Berdasarkan hasil survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC), mayoritas pemilih partai Nasional Demokrat (NasDem) mendukung Ganjar Pranowo jika pemilihan presiden (Pilpres) berlangsung saat ini.

Hasil survei tersebut menunjukkan 41% pemilih NasDem di 2019 akan memilih Ganjar jika Pilpres diadakan sekarang. Sementara itu, 31% akan memilih Anies Baswedan dan 12% memilih Prabowo Subianto.

Pendiri SMRC, Saiful Mujani mengatakan, data tersebut cukup konsisten dengan opini yang dibangun oleh para elit NasDem dalam rapat kerja nasional (Rakernas) baru-baru ini. Pasalnya, Anies dan Ganjar memang menjadi dua dari tiga tokoh yang dipilih dalam Rakernas sebagai bakal calon presiden (capres) di 2024.

"Secara umum, aspirasi yang dikembangkan oleh DPW NasDem cukup konsisten dengan pemilih NasDem sendiri. Artinya, NasDem mendengarkan apa kata pemilih mereka sendiri,” ujar dikutip dari Katadata.co.id, Sabtu (18/6/2022).

Apalagi, Saiful melanjutkan, data tersebut menarik karena Ganjar adalah kader PDI Perjuangan. Sehingga, menurut dia, terlihat NasDem cukup terbuka terhadap berbagai aspirasi yang berkembang dalam masyarakat.

Guru Besar ilmu politik UIN Jakarta ini mengatakan, salah satu kemungkinan alasan mengapa NasDem cukup terbuka terhadap nama-nama yang berkembang di masyarakat karena tokoh utama NasDem sendiri tak akan mencalonkan diri dalam Pilpres 2024.

Adapun, survei SMRC ini dilakukan terhadap 1.220 responden di seluruh Indonesia berusia 17 tahun atau lebih, atau sudah menikah. Survei ini dilakukan pada 10-17 Mei 2022.

Populasi survei dipilih dengan metode stratified multistage random sampling, dengan response rate 87%, margin of error sekitar 3,07%, dan tingkat kepercayaan 95%.

(Baca: Survei: Elektabilitas Ganjar Pranowo Meningkat Pasca-Rakernas Projo)

Editor : Annissa Mutia
Data Populer
Lihat Semua
instagram
Databoks Indonesia (@databoks.id)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari Katadata Indonesia.
twitter
Databoks Indonesia (@databoksid)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari @katadatacoid.