Survei: Elektabilitas Ganjar Pranowo Meningkat Pasca-Rakernas Projo

Politik
1
Vika Azkiya Dihni 14/06/2022 15:20 WIB
Tren Elektabilitas Calon Presiden Simulasi 3 Nama (Des 2021-Jun 2022)
katadata logo databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Lembaga survei Charta Politika merilis hasil survei terbaru terkait elektabilias calon presiden (capres). Dalam simulasi 3 nama, hasil survei menunjukkan Ganjar Pranowo meraih elektabilitas tertinggi sebagai capres.

Dalam survei tersebut, Gubernur Jawa tengah itu meraih elektabilitas sebesar 36,5%. Persentase tersebut naik dari hasil survei Charta sebelumnya, yaitu bulan April 2022, Ganjar mendapatkan elektabilitas sebesar 33,3%.

"Kalau kita melihat hanya Ganjar Pranowo yang mengalami kenaikan dari 33,3% dari stagnasi dari survei bulan Desember ke bulan April dan kemudian naik ke 36,5%, pasca Rakernas Pro Jokowi atau Projo," kata Direktur Eksekutif Charta Politika Yunarto Wijaya, Senin (13/6/2022).

Yunarto mengatakan, dalam Rakernas itu, Presiden Joko Widodo hadir dan seakan-akan memberi sinyal dukungan kepada Ganjar Pranowo. 

"Saya tidak bisa pastikan itu disebabkan oleh rakernas Projo, tapi bisa dibuat hipotesa kalau dalam waktu yang bersamaan memang salah satu momen yang berpengaruh besar dan memberitakan mencapreskan Ganjar", lanjutnya.

Sementara itu, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto menduudki peringkat kedua dengan elektabilitas sebesar 26,7% pada Juni 2022. Elektabilitas Prabowo naik tipis dari hasil survei sebelumnya yang sebesar 26,4%.

Adapun, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memperoleh elektabilitas sebesar 24,9%. Elektabilitas Anies justru turun dari hasil survei sebelumnya yang sebesar 27,4%.

Survei ini dilaksanakan pada 25 Mei-2 Juni 2022. Survei ini menggunakan wawancara tatap muka terhadap 1.200 responden berusia 17 tahun ke atas atau yang sudah memenuhi syarat sebagai pemilih.

Survei menggunakan metode multistage random sampling dan margin of error 2,83%.

(Baca Juga: Salip Prabowo, Ganjar Pranowo Unggul di Survei Pilpres 2024)

Data Populer
Lihat Semua
instagram
Databoks Indonesia (@databoks.id)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari Katadata Indonesia.
twitter
Databoks Indonesia (@databoksid)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari @katadatacoid.