Salip Prabowo, Ganjar Pranowo Unggul di Survei Pilpres 2024

Politik
Penulis
Cindy Mutia Annur 10/06/2022 10:40 WIB
Elektabilitas Tokoh Sebagai Presiden (Mei 2022)
katadata logo databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Hasil survei Saiful Mujani Research & Consulting (SMRC) menunjukkan, elektabilitas Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo unggul di antara sejumlah nama tokoh politik lainnya. Berdasarkan simulasi top of mind, responden diberi kebebasan untuk menjawab secara spontan siapa kandidat presiden pilihan mereka.

Tercatat, elektabilitas Ganjar mencapai 14,2%. Angka itu berhasil menyalip Menteri Pertahanan Prabowo Subianto yang memiliki elektabilitas sebesar 13,4%.

Sementara itu, Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di urutan ketiga dan keempat. Keduanya masing-masing memiliki elektabilitas sebesar 8,2%.

Berikutnya, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno tercatat memiliki elektabilitas seebesar 1,8%, diikuti oleh Ridwan Kamil (1%), Agus Harimurti Yudhoyono (0,9%), dan Basuki T. Purnama (0,6%). Sisanya, sebanyak 4,3% persen memilih nama lainnya. Sementara 47,3% tidak jawab.

Survei ini dilakukan terhadap 1.060 responden di seluruh Indonesia berusia 17 tahun ke atas atau sudah menikah. Survei ini dilakukan pada 10-17 Mei 2022 melalui wawancara tatap muka dengan metode simple random sampling. Survei ini memiliki toleransi kesalahan atau margin of error sebesar kurang lebih 3,07% pada tingkat kepercayaan 95%.

(Baca: SMRC: Elektabilitas Prabowo Terkuat di Antara Elite Partai Politik)

Editor : Annissa Mutia
Data Populer
see more
instagram
Databoks Indonesia (@databoks.id)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari Katadata Indonesia.
twitter
Databoks Indonesia (@databoksid)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari @katadatacoid.