Pangeran Charles Jadi Raja Inggris, Pendukungnya Mayoritas Lansia

Demografi
1
Adi Ahdiat 09/09/2022 11:10 WIB
Persepsi Warga Inggris terhadap Kinerja Pangeran Charles sebagai Raja (Maret 2022)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Pemimpin Kerajaan Inggris Ratu Elizabeth II meninggal dunia di usia 96 tahun pada Kamis (8/9/2022).

Setelah kepergian Sang Ratu, tahta Kerajaan Inggris diwariskan kepada Pangeran Charles, anak tertua Ratu Elizabeth II yang kini mendapat gelar sebagai Raja.

"Meninggalnya Ibunda tercinta saya, Yang Mulia Ratu, merupakan momen kesedihan terbesar bagi saya dan seluruh anggota keluarga," kata Charles dalam siaran persnya di situs resmi Kerajaan Inggris, Kamis (8/9/2022).

"Kami sangat berduka atas meninggalnya seorang penguasa yang disayangi dan seorang ibu yang sangat dicintai. Saya tahu kehilangan ini sangat dirasakan di seluruh negeri, wilayah persemakmuran, dan banyak orang di seluruh dunia," lanjutnya.

Adapun menurut survei Ipsos, sebanyak 48% warga Inggris menilai Pangeran Charles akan memiliki kinerja baik sebagai Raja. Sementara itu 27% menilai kiprahnya bakal biasa-biasa saja, dan 19% menilai buruk.

Jika dirinci berdasarkan usia, kelompok yang paling banyak memberi dukungan atau optimistis akan kinerja Pangeran Charles sebagai Raja adalah warga lanjut usia (55-75 tahun). Sedangkan semakin muda usia warganya, optimisme mereka terhadap kinerja Charles kian berkurang seperti terlihat pada grafik.

Survei ini dilakukan Ipsos terhadap 2.055 warga Inggris dengan rentang usia 16-75 tahun. Survei dilakukan secara online pada Maret 2022.

(Baca: Ratu Elizabeth II, Anggota Kerajaan Inggris Paling Disukai Warga)

Editor : Adi Ahdiat
Data Populer
Lihat Semua