Gautam Adani Jadi Pria Asia Pertama di Daftar Orang Terkaya ke-3 Dunia

Media
1
Annissa Mutia 30/08/2022 16:30 WIB
Daftar Orang Terkaya Versi The Bloomberg Billionaires Index (30 Agustus 2022)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Daftar terbaru orang terkaya di dunia versi Bloomberg memberi kejutan. Untuk pertama kalinya pengusaha Asia, Gautam Adani, masuk daftar tiga teratas orang paling tajir di dunia dalam Bloomberg Billionaires Index yang dirilis 30 Agustus 2022.

Taipan asal India itu berhasil menyalip CEO LVMH Bernard Arnault yang kini berada di posisi keempat. Dalam daftar 10 orang terkaya di dunia, hanya nilai kekayaan Adani yang bertambah. Dia telah menambahkan US$60,9 miliar pada tahun 2022 (year to date/ytd) sehingga total kekayaannya kini menjadi US$137 miliar.

Adani adalah pendiri Adani Group, operator pelabuhan terbesar di India. Grup infrastruktur yang berbasis di Ahmedabad, India juga merupakan produsen batu bara termal terbesar dan pedagang batu bara terbesar di India. Adani Enterprises, perusahaan perdagangan yang terdaftar di grup tersebut, melaporkan pendapatan sebesar $5,3 miliar pada tahun ini hingga 31 Maret 2021.

Peringkat pertama orang terkaya di dunia masih ditempati Elon Musk. Bos Tesla itu mencatatkan kekayaan sebesar US$251 miliar, turun US$18.9 miliar (ytd). Jeff Besoz masih menempati posisi kedua dengan nilai kekayaan US$153, turun US$39 miliar (ytd). 

Selain Adani, belum pernah ada orang Asia yang masuk daftar tiga besar orang terkaya di dunia. Rekan senegaranya Mukesh Ambani dari Reliance Industries dan salah satu pendiri Alibaba Jack Ma bahkan tidak pernah sampai sejauh itu. Dalam daftar orang terkaya di dunia terbaru Bloomberg, Ambani menempati posisi ke-11 dengan kekayaan US$91.9 miliar.

(baca: 10 Kota dengan Jumlah Miliarder Terbanyak di Dunia)

Editor : Annissa Mutia
Data Populer
Lihat Semua