Survei: Mayoritas Warga Optimis Indonesia Bisa Bangkit Pasca Pandemi

Layanan konsumen & Kesehatan
1
Vika Azkiya Dihni 23/08/2022 16:40 WIB
Keyakinan Indonesia Bisa Bangkit Pasca Pandemi (Juli-Agustus 2022)
katadata logo databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Berdasarkan hasil survei Algoritma Research & Consulting, mayoritas atau 92,6% masyarakat Indonesia menyatakan yakin bahwa Indonesia mampu bangkit pasca pandemi Covid-19.

"Ada optimisme baru bahwa kita bisa bangkit lebih baik," kata Direktur Riset dan Program Fajar Nursahid, seperti dikutip dari Antara News, Selasa (23/8/2022).

Ada beberapa faktor yang yang membuat responden yakin bahwa Indonesia mampu bangkit pasca pandemi.

Menurut hasil survei tersebut, 28,7% responden memercayai faktor sumber daya manusia (SDM) dan 24,3% responden percaya pada faktor sumber daya alam (SDA) yang akan menopang kebangkitan tersebut.

Selain itu, adanya modal sosial seperti toleransi antar sesama, Pancasila dan Kebhinekaan menjadi dasar keyakinan responden bahwa Indonesia bisa bangkit pasca pandemi.

Sementara itu, ada 5,8% responden yang menyatakan tidak yakin Indonesia dapat bangkit pasca pandemi Covid-19 dan 1,6% responden lainnya menyatakan tidak tahu.

Adapun survei ini melibatkan 1.206 responden yang mewakili penduduk usia dewasa secara nasional. Margin of error berada di kisaran 3% dan tingkat kepercayaan sebesar 95%.

Pengumpulan data itu dilakukan Algoritma sejak 23 Juli sampai 5 Agustus 2022 melalui wawancara telepon yang dilakukan oleh 40 enumerator.

(Baca Juga: Covid-19 Naik Lagi, Positivity Rate RI Lewati Batas WHO pada Juli 2022)

Editor : Annissa Mutia
Data Populer
Lihat Semua
instagram
Databoks Indonesia (@databoks.id)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari Katadata Indonesia.
twitter
Databoks Indonesia (@databoksid)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari @katadatacoid.