Nilai Positif Ekonomi RI di Masa Depan, Anak Muda RI Optimis Terserap di Dunia Kerja

Ketenagakerjaan
1
Vika Azkiya Dihni 15/08/2022 18:10 WIB
Indeks Optimisme Generasi Muda terhadap Sektor Ekonomi dan Kesehatan (2022)
katadata logo databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Generasi muda Indonesia memiliki optimisme yang sangat tinggi pada sektor ekonomi dan kesehatan. Hal itu berdasarkan survei Good News from Indonesia (GNFI) bersama Lembaga survei Kelompok Kajian dan Diskusi Opini Publik Indonesia (KedaiKOPI) bertajuk Laporan Survei Indeks Optimisme Generasi Muda Indonesia 2022, pada Rabu (10/8/2022).

Survei tersebut mengukur seberapa optimis generasi muda terhadap masa depan Indonesia dalam berbagai sektor, salah satunya sektor ekonomi dan kesehatan.

Hasil survei yang menyatakan sebanyak 74,3% responden menjawab optimis, 24,4% respoden netral, dan hanya 1,3% yang pesimis.

Dari persentase itu didapakan skor net index yaitu persentase responden menjawab optimis dikurangi persentase pesimis. Hasilnya, skor net index pada sektor ekonomi dan kesehatan sebesar 73%. Artinya, tingkat optimismenya tergolong sangat tinggi.

Bila melihat rincian indeks optimisme dari sektor ekonomi dan kesehatan, tercatat generasi muda Indonesia menyatakan bahwa mereka paling optimis akan terserap di dunia kerja di masa depan, dengan skor net index sebesar 71,2%, atau tergolong sangat tinggi.

Lalu, mayoritas anak muda Indonesia juga optimis akan mendapatkan akses layanan kesehatan di masa depan dengan raihan net index tergolong tinggi, yakni sebesar 66,1%.

Selanjutnya diikuti sikap optimis akan mendapatkan pekerjaan yang diinginkan dengan skor sebesar 64% dan menciptakan usaha di masa depan dengan skor 50,4%. Kedua aspek ini juga termasuk katergori tingkat optimisme yang tinggi.

Survei ini diselenggarakan pada 7-22 Juli 2022 dengan menggunakan metode telesurvei kepada 906 responden Gen Z (17-24 tahun) dan Gen Y (25-40 tahun) yang tersebar di 11 kota besar di Indonesia dengan response rate sebesar 17,67%.

(Baca Juga: Pengangguran Anak Muda RI Tergolong Tinggi di Asia Tenggara)

Editor : Annissa Mutia
Data Populer
Lihat Semua
instagram
Databoks Indonesia (@databoks.id)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari Katadata Indonesia.
twitter
Databoks Indonesia (@databoksid)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari @katadatacoid.