Bukan Gaji, Ini yang Dicari Gen Z dan Milenial Saat Bekerja

Ketenagakerjaan
1
Vika Azkiya Dihni 21/07/2022 13:00 WIB
Pertimbangan Utama Gen Z dan Milenial Bekerja di Perusahaan Mereka Saat Ini (2022)
katadata logo databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Gaji bukan menjadi pertimbangan utama Gen Z dan milenial memilih bekerja di perusahaan mereka saat ini. Hal ini berdasarkan laporan dari lembaga survei internasional, Deloitte yang bertajuk The Deloitte Global 2022 Gen Z and Millennial Survey.

Menurut laporan tersebut, work life balance atau keseimbangan kerja menjadi proritas utama mereka. Tercatat sebanyak 32% responden Gen Z dan 39% milenial menyatakan keseimbangan kerja menjadi pertimbangan mereka bekerja di perusahaan mereka saat ini.

Istilah work life balance memang sudah tidak asing lagi di kalangan anak muda. Istilah ini merupakan suatu kondisi di mana seseorang bisa mengatur waktu dan energi yang seimbang antara pekerjaan, kebutuhan pribadi, kehidupan berkeluarga, dan rekreasi.

Selain itu, hal yang menjadi prioritas mereka dalam bekerja adalah kesempatan belajar atau bekerja untuk mengembangkan diri. Tercatat ada 29% Gen Z dan milenial yang menyatakan hal tersebut.

Sementara gaji menempati urutan ketiga. Sebanyak 24% Gen Z dan 27% milenial mempertimbangkan gaji yang tinggi atau keuntungan finansial lainnya saat bekerja.

Pertimbangan lainnya dari Gen Z dan milenial saat bekerja yaitu budaya yang positif, peluang untuk tumbuh, menemukan makna dari pekerjaan mereka, hingga budaya kerja yang fleksibel.

Survei ini dilaksanakan pada November 2021 dan Januari 2022. Survei melibatkan 14.808 responden Gen Z dan 8.412 milenial yang tersebar di 46 negara yang disurvei.

(Baca Juga: Survei: Anak Muda Lebih Cemas Jika Tak Bawa Ponsel Ketimbang Dompet)

Editor : Annissa Mutia
Data Populer
Lihat Semua
instagram
Databoks Indonesia (@databoks.id)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari Katadata Indonesia.
twitter
Databoks Indonesia (@databoksid)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari @katadatacoid.