Survei: Anak Muda Lebih Cemas Jika Tak Bawa Ponsel Ketimbang Dompet

Teknologi & Telekomunikasi
1
Cindy Mutia Annur 29/06/2022 15:20 WIB
Barang Berharga yang Tak Boleh Tertinggal menurut Responden (2022)
katadata logo databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Handphone atau ponsel telah menjadi bagian penting dalam keseharian masyarakat. Menurut survei Alvara Research Center, mayoritas generasi Z bahkan menilai membawa ponsel saat bepergian lebih penting daripada membawa dompet.

Mayoritas atau 63,8% generasi Z memilih handphone sebagai barang berharga yang tak boleh tertinggal. Sedangkan yang lebih memilih dompet hanya 36,2%.

Meskipun tak dominan, cukup banyak pula milenial yang berpendapat serupa, seperti terlihat pada grafik.

Menurut Alvara Research, kecenderungan seperti ini muncul karena berbagai fitur ponsel pintar sudah bisa menggantikan dompet, misalnya melalui dompet digital hingga mobile banking.

"Ada kecemasan atau kegelisahan tersendiri bagi generasi muda jika ketinggalan atau bahkan kehilangan smartphone, karena smartphone sudah menyatu dengan kehidupan mereka,” tulis Alvara Research dalam laporannya.

Adapun responden dari kelompok milenial dan generasi X mayoritas lebih memilih dompet sebagai barang berharga yang tak boleh tertinggal, dengan persentase masing-masing 52,4% dan 60,3%.

Survei ini dilakukan melalui wawancara tatap muka terhadap 1.529 responden yang berasal dari kelompok generasi Z, milenial, dan generasi X di seluruh Indonesia. Survei dilakukan pada 20-31 Maret 2022 dan sampel dipilih menggunakan metode multistage random sampling.

(Baca Juga: Mayoritas Masyarakat Gunakan Dompet Digital Sebulan Sekali)

Editor : Adi Ahdiat
Data Populer
Lihat Semua
instagram
Databoks Indonesia (@databoks.id)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari Katadata Indonesia.
twitter
Databoks Indonesia (@databoksid)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari @katadatacoid.