IKLAN

Ini Sederet Manfaat Produk & Layanan Startup Bagi Konsumen

Pendapat Konsumen Mengenai Manfaat Produk & Layanan Startup (Kuartal I-2022)

Sumber : DailySocial.id, 2 Juni 2022

katadata logo databoks logo
Disalin..
IKLAN

Penulis: Cindy Mutia Annur

Editor: Annissa Mutia

21/6/2022, 15.50 WIB

Pengguna produk dan layanan startup semakin bertumbuh tiap tahunnya, khususnya di era pandemi Covid-19 seperti ini. Pasalnya, berbagai inovasi terus dikembangkan startup sehingga memberikan sejumlah manfaat bagi penggunanya dalam kehidupan sehari-hari.

Laporan DailySocial bertajuk “Startup Report 2021-2022Q1” menunjukkan, setidaknya ada lima manfaat yang dirasakan konsumen selama menggunakan produk atau layanan startup.

Mayoritas responden mengatakan bahwa produk atau layanan startup memudahkan mereka dalam melakukan transaksi. Persentasenya sebanyak 84%. Transaksi pada produk atau layanan startup umumnya menggunakan transaksi online sehingga transaksi dapat dengan mudah dilakukan di mana pun dan kapan pun.

Kemudian, sebanyak 82% responden mengatakan produk atau layanan startup memberikan efisiensi waktu. Kemudian, sebanyak 72% responden mengatakan efisiensi biaya.

Selanjutnya, sebanyak 61% responden mengatakan bahwa produk atau layanan startup memberikan solusi yang lebih praktis dalam aktivitas sehari-hari. Ada pula sebanyak 46% mengatakan membantu menjalankan bisnis.

Meskipun memberikan sejumlah manfaat, laporan ini juga memuat sejumlah kekurangan dari produk atau layanan startup, di antaranya karena cakupan wilayahnya terbatas, sulit mendapatkan informasi tambahan mengenai produk atau layanan startup, dan kurangnya variasi produk atau layanan.

Kekurangan lainnya yakni produk atau layanan startup dianggap belum memberikan solusi yang optimal dan produk atau layanan tidak berfungsi dengan baik.  

Survei ini dilakukan terhadap 890 responden yang tersebar di seluruh Indonesia. Responden berusia antara 18-35 tahun dan mayoritasnya berada di Pulau Jawa.

(Baca: East Ventures Paling Agresif Danai Startup di Indonesia pada Kuartal I 2022)

IKLAN

data terkait