Meski tren belanja online terus menguat, sebagian besar warga Indonesia tampaknya masih lebih memilih belanja kebutuhan rumah tangga bulanan secara offline.
Menurut survei Jakpat terhadap 2.000 responden, mayoritas atau 34,3% rutin membeli kebutuhan rumah tangga bulanan di supermarket.
Kemudian sebanyak 20,05% responden rutin belanja bulanan di pasar tradisional, 16,35% di warung kelontong, dan 15,20% di swalayan.
Adapun responden yang belanja kebutuhan rumah tangga bulanan secara online atau menggunakan layanan e-commerce hanya 13,65%, paling sedikit dibanding kelompok lainnya.
Jika dilihat dari metode transaksinya, sebagian besar responden juga masih lebih memilih uang tunai ketimbang nontunai.
Jakpat mencatat mayoritas atau 54,95% responden yang belanja bulanan di supermarket atau swalayan menggunakan uang tunai untuk membayar.
Sedangkan yang menggunakan fasilitas nontunai seperti kartu debit hanya 28,69%, e-wallet 11,41%, dan kartu kredit 4,95%.
(Baca Juga: Ini Produk yang Paling Banyak Dibeli di E-Commerce)