Survei: Warga yang Belanja Bulanan di E-Commerce Masih Sedikit

Produk Konsumen
Penulis
Monavia Ayu Rizaty 09/06/2022 13:10 WIB
Tempat Belanja Kebutuhan Rumah Tangga Bulanan Responden (2022)
katadata logo databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Meski tren belanja online terus menguat, sebagian besar warga Indonesia tampaknya masih lebih memilih belanja kebutuhan rumah tangga bulanan secara offline.

Menurut survei Jakpat terhadap 2.000 responden, mayoritas atau 34,3% rutin membeli kebutuhan rumah tangga bulanan di supermarket.

Kemudian sebanyak 20,05% responden rutin belanja bulanan di pasar tradisional, 16,35% di warung kelontong, dan 15,20% di swalayan.

Adapun responden yang belanja kebutuhan rumah tangga bulanan secara online atau menggunakan layanan e-commerce hanya 13,65%, paling sedikit dibanding kelompok lainnya.

Jika dilihat dari metode transaksinya, sebagian besar responden juga masih lebih memilih uang tunai ketimbang nontunai.

Jakpat mencatat mayoritas atau 54,95% responden yang belanja bulanan di supermarket atau swalayan menggunakan uang tunai untuk membayar.

Sedangkan yang menggunakan fasilitas nontunai seperti kartu debit hanya 28,69%, e-wallet 11,41%, dan kartu kredit 4,95%.

(Baca Juga: Ini Produk yang Paling Banyak Dibeli di E-Commerce)

Editor : Adi Ahdiat
Data Populer
see more
instagram
Databoks Indonesia (@databoks.id)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari Katadata Indonesia.
twitter
Databoks Indonesia (@databoksid)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari @katadatacoid.