Katadata Insight Center (KIC) bekerja sama dengan Kredivo baru saja merilis studi Perilaku Konsumen E-Commerce Indonesia.
Studi ini menganalisis data dari 16 juta sampel transaksi e-commerce di lima marketplace terbesar Indonesia sepanjang Januari-Desember 2021.
Salah satu temuannya, pulsa dan voucher menjadi produk dengan proporsi jumlah transaksi terbesar, yakni 23,4% dari total jumlah transaksi e-commerce pada tahun lalu.
Kemudian produk fesyen dan aksesorisnya berada di peringkat kedua dengan proporsi jumlah transaksi 17,3%, produk kesehatan dan kecantikan 13,9%, peralatan rumah tangga 10,5%, dan makanan 7,7%.
Gadget dan aksesorisnya hanya memiliki proporsi jumlah transaksi 6,4%, sementara komputer dan aksesorisnya hana 1,3%.
Meski proporsi jumlah transaksinya kecil, produk gadget, komputer, dan aksesorisnya memiliki rata-rata nilai transaksi tertinggi.
(Baca: Pria Habiskan Uang Lebih Banyak Saat Belanja Online Ketimbang Perempuan)