Pria Habiskan Uang Lebih Banyak Saat Belanja Online Ketimbang Perempuan

Teknologi & Telekomunikasi
1
Vika Azkiya Dihni 03/06/2022 13:00 WIB
Rata-rata Nilai Transaksi Belanja Online Berdasarkan Gender (2020-2021)
katadata logo databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Kredivo dan Katadata Insights Center (KIC) melakukan riset seputar rata-rata nilai transaksi yang dilakukan oleh laki-laki dan perempuan di Indonesia saat belanja online. Hasilnya, nilai transaksi laki-laki ternyata ebih besar ketimbang perempuan.

Riset bertajuk Perilaku Konsumen E-Commerce Indonesia itu mencatat, secara rata-rata konsumen perempuan dan laki-laki melakukan transaksi online sebanyak 11 kali dalam setahun.

Rata-rata produk yang dibeli perempuan jumlahnya lebih banyak, yakni 45 produk per tahun dari pada laki-laki yang berjumlah 42 produk. Konsumen perempuan juga cenderung lebih banyak membeli lebih banyak barang dalam satu kali transaksi.

Meski demikian, riset menemukan bahwa setiap melakukan transaksi, konsumen laki-laki mengeluarkan uang lebih besar, yaitu Rp320.982 pada tahun 2021. Angka ini meningkat dibandingkan tahun sebelumnya Rp299.195.

Sementara itu, perempuan rata-rata menghabiskan Rp289.163 setiap melakukan transaksi belanja online. Persentase ini juga meningkat dari tahun sebelumnya yang sebesar Rp258.116.

Riset ini berdasarkan hasil survei terhadap 3.500 responden pengguna Kredivo di seluruh Indonesia yang melakukan transaksi di e-commerce Blibli.com, Bukalapak, JD.ID, Lazada, dan Tokopedia secara online pada Maret 2022.

Pada laporan tersebut juga disertakan perbandingan terhadap perolehan hasil survei yang dilakukan pada periode yang sama di tahun lalu dengan jumlah responden yang serupa.

(Baca Juga: Transaksi Uang Elektronik Melonjak 55% Jadi Rp786 triliun pada 2021)

Editor : Annissa Mutia
Data Populer
Lihat Semua
instagram
Databoks Indonesia (@databoks.id)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari Katadata Indonesia.
twitter
Databoks Indonesia (@databoksid)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari @katadatacoid.