Sederet Alasan Masyarakat Gunakan Kredit dari Bank

Keuangan
1
Cindy Mutia Annur 07/06/2022 15:40 WIB
Alasan Utama Penggunaan Kredit dari Bank (2022)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Hasil survei Katadata Inisght Center (KIC) menunjukkan, salah satu alasan utama masyarakat menggunakan kredit pembiayaan dari bank karena lebih aman dibandingkan kredit pembiayaan lainnya, seperti dari perorangan atau lembaga non-bank. Terdapat 58,5% responden yang mengungkapkan hal tersebut.

Kemudian, sebanyak 55,8% responden mengatakan bahwa bunga di bank lebih murah dibandingkan kredit pembiayaan lain. Ada pula 27,5% responden yang menilai bahwa batas kredit pembiayaan di bank lebih besar dari perorangan atau lembaga non-bank.

Selain itu, ada pula responden yang menilai bahwa aplikasi kredit pembiayaan bank lebih cepat (25,9%). Diikuti oleh alasan lainnya, seperti kebetulan mendapatkan penawaran dari tenaga pemasar (18,8%), kebetulan yang diterima pengajuan kredit bank (16,1%), tidak mengerti harus mencari pembiayaan kredit di mana selain bank (11,9%), memiliki kenalan di salah satu bank (6,3%), dan lainnya (1,3%).

Survei tersebut juga menemukan bahwa mayoritas responden yang belum pernah menggunakan kredit pembiayaan dari bank, akan mempertimbangkan bank sebagai sumber dana untuk pengajuan kredit pembiayaan jika suatu saat diperlukan. Persentasenya yakni sebanyak 78,3%.

Survei ini dilakukan terhadap 3.105 responden berusia 17 tahun ke atas di seluruh Indonesia yang menggunakan produk keuangan atau perbankan. Survei dilakukan secara online dengan metode non-probability sampling pada 28 Maret sampai 4 April 2022.

(Baca: Ini Produk Perbankan yang Paling Banyak Digunakan di Indonesia)

Editor : Annissa Mutia
Data Populer
Lihat Semua