Harga Pangan Mengalami Inflasi Tertinggi pada Mei 2022

Ekonomi & Makro
1
Dzulfiqar Fathur Rahman 07/06/2022 10:40 WIB
Laju Inflasi Tahunan menurut Kelompok Pengeluaran (Mei 2022)
katadata logo databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Menurut laporan Badan Pusat Statistik (BPS), inflasi tahunan di kelompok makanan, minuman, dan tembakau mencapai 5,62% (yoy) pada Mei 2022, tertinggi di antara kelompok pengeluaran lainnya.

Secara bulanan, produk-produk yang berkontribusi besar terhadap peningkatan harga pangan mencakup telur ayam ras, ikan segar, bawang merah, daging sapi, jeruk, sawi hijau, tahu mentah, tempe dan roti manis.

Laju inflasi tertinggi berikutnya terjadi di kelompok pengeluaran transportasi. BPS melaporkan inflasi tahunan transportasi mencapai 4,77% (yoy) pada Mei 2022. Secara bulanan, kenaikan harga tiket pesawat memberi andil paling besar terhadap laju inflasi di kelompok ini.

Secara keseluruhan, inflasi tahunan Indonesia mencapai 3,55% (yoy) pada Mei 2022. Laju ini merupakan yang tertinggi sejak bulan Desember 2017.

Harga barang dan jasa di Indonesia biasanya meningkat pada bulan Ramadan dan Hari Raya Idulfitri, yang masing-masing jatuh pada bulan April dan awal Mei 2022, seiring dengan naiknya permintaan dari masyarakat terhadap makanan dan minuman, pakaian, dan transportasi.

(Baca: Ini Daftar Kota di Pulau Jawa dengan Inflasi Tertinggi pada Mei 2022)

Editor : Adi Ahdiat
Data Populer
Lihat Semua
instagram
Databoks Indonesia (@databoks.id)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari Katadata Indonesia.
twitter
Databoks Indonesia (@databoksid)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari @katadatacoid.