PeduliLindungi Cegah Jutaan Orang Belum Vaksin Lengkap Mengakses Tempat Umum

Layanan konsumen & Kesehatan
Penulis
Vika Azkiya Dihni 25/04/2022 12:20 WIB
Jumlah Orang yang Terdeteksi Status Merah dan Hitam Pada Aplikasi PeduliLindungi 2021-2022
katadata logo databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mengungkap bahwa sepanjang 2021-2022, PeduliLindungi telah mencegah 3.733.067 orang dengan status merah atau vaksinasi belum lengkap memasuki ruang publik.

Aplikasi tersebut juga mendeteksi 538.659 orang yang terinfeksi Covid-19 atau dengan status hitam ketika melakukan perjalanan domestik atau mengakses ruang publik tertutup.

"Aplikasi yang diluncurkan pada Maret 2020 ini sudah diunduh lebih dari 90 juta orang dan membantu dalam mencegah warga terinfeksi Covid-19 mengakses fasilitas publik dan tempat umum," seperti dikutip dari Instagram Kemenkominfo, Senin (25/4/2022).

Instagram Kemenkominfo juga mengutip pernyataan Juru Bicara Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Siti Nadia Tarmizi. Menurutnya, aplikasi itu turut berkontribusi terhadap rendahnya penularan Covid-19 di Indonesia dibanding negara tetangga, dan bahkan negara maju.

"Aplikasi ini memiliki peran yang besar dalam menekan laju penularan saat kita mengalami gelombang Delta dan Omicron," ujar Siti.

Adapun Kominfo menghimbau agar masyarakat tetap disiplin protokol kesehatan, yakni memakai masker yang benar, menghindari kerumunan, mencuci tangan pakai sabun, serta melengkapi segera vaksinasi Covid-19 sebelum mudik.

(Baca Juga: Tak Semua Penduduk Punya Aplikasi PeduliLindungi, Lansia Paling Sedikit)

Editor : Annissa Mutia
Data Populer
see more
instagram
Databoks Indonesia (@databoks.id)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari Katadata Indonesia.
twitter
Databoks Indonesia (@databoksid)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari @katadatacoid.