Survei: Arab Saudi Negara Paling Disukai Masyarakat Indonesia

Politik
1
Vika Azkiya Dihni 20/04/2022 12:40 WIB
Tingkat Kesukaan Masyarakat Indonesia terhadap Negara Lain menurut Survei SMRC (2022)
katadata logo databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Arab Saudi merupakan negara yang paling disukai masyarakat Indonesia. Hal ini diketahui dari hasil survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) yang dirilis Senin (18/4).

Survei SMRC dilakukan melalui telepon dengan melibatkan 1.228 responden yang dipilih secara acak, dengan kriteria berusia 17 tahun ke atas atau sudah menikah dan punya telepon. Survei dilaksanakan pada 22-24 Maret 2022.

Menurut hasil survei tersebut, 74% responden menyatakan suka dengan Arab Saudi. Sementara ada 8% responden yang tidak suka, dan 18% responden tidak tahu atau tidak menjawab.

Inggris tercatat menjadi negara kedua yang banyak disukai responden dengan persentase 50%. Hanya 27% responden yang tidak menyukai negara tersebut.

Kemudian Rusia menduduki peringkat ketiga sebagai negara yang paling disukai dalam survei tersebut, dengan persentase responden yang menyatakan suka sebanyak 49%. Sementara Ukraina hanya 39%.

Kesukaan masyarakat terhadap Arab Saudi juga terlihat dari hasil survei Lowy Institute, yang mengungkap bahwa mayoritas atau 57% responden Indonesia mendukung investasi asing dari Arab Saudi.

Selain itu, pemimpin negara lain yang paling banyak dipercaya warga Indonesia dalam isu internasional juga berasal dari Arab Saudi, yakni Pangeran Mohammed bin Salman (MbS) yang mendapat 57% kepercayaan responden.

(Baca Juga: Ini Jumlah Jemaah RI yang Berangkat Haji pada 2021)

Editor : Adi Ahdiat
Data Populer
Lihat Semua
instagram
Databoks Indonesia (@databoks.id)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari Katadata Indonesia.
twitter
Databoks Indonesia (@databoksid)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari @katadatacoid.