Lowy Institute: Mayoritas Masyarakat Indonesia Dukung Investasi dari Arab Saudi, Singapura, dan Jepang

Ekonomi & Makro
1
Vika Azkiya Dihni 07/04/2022 10:40 WIB
Dukungan Masyarakat Indonesia terhadap Negara Asal Investasi (2021)
katadata logo databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Survei Lowy Institute menemukan masyarakat Indonesia setuju investasi asing dari berbagai negara. Tercatat, persentase dukungan masyarakat terhadap investasi asing paling tinggi berasal dari investasi Arab Saudi, yaitu sebesar 57% responden.

Investasi negara lain yang mendapat dukungan dari masyarakat Indonesia adalah Singapura dan Jepang, dengan persentase masing-masing 54% dan 53%. Lalu diikuti oleh Malaysia sebesar 47%.

Sementara, Lowy Institute mencatat dukungan masyarakat Indonesia terhadap investasi dari dunia Barat dan Tiongkok lebih rendah. Hal tersebut tercermin dari hanya 42% responden yang mendukung investasi dari Amerika Serikat (AS) dan 41% untuk Australia.

Kemudian, hanya sepertiga orang Indonesia atau 37% yang mendukungi investasi dari Belanda. 

Investasi dari Tiongkok juga mendapat dukungan yang rendah dari masyarakat Indonesia. Tercatat, hanya 30% responden yang mendukung investasi dari perusahaan, bank, atau dana investasi China ke perusahaan besar Indonesia.

Hasil survei juga menunjukkan, mayoritas atau 87% orang Indonesia mengaku sangat mendukung bantuan pembangunan internasional. Ketika diitanya negara mana yang memberikan bantuan asing paling banyak kepada Indonesia saat ini, sebanyak 24% responden mengatakan Amerika Serikat, diikuti oleh China (16%), Arab Saudi (12%), Jepang (11%) dan Australia (7 %).

Survei ini dilakukan terhadap 3.000 responden di Indonesia yang berusia 17 hingga 65 tahun pada 29 November-24 Desember 2021 lalu. Survei ini dilakukan dengan melakukan jejak pendapat dengan metode random sample, serta memiliki margin of error sebesar 1,8%.

(Baca Juga: 10 Perusahaan Investasi Terbesar di Dunia, SoftBank Salah Satunya)

Editor : Annissa Mutia
Data Populer
Lihat Semua
instagram
Databoks Indonesia (@databoks.id)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari Katadata Indonesia.
twitter
Databoks Indonesia (@databoksid)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari @katadatacoid.