Tingkat Hunian Aparthotel di Jakarta Capai 58,2% pada Kuartal I 2022

Real Estate
1
Dzulfiqar Fathur Rahman 07/04/2022 18:20 WIB
Rata-rata Tingkat Hunian Aparthotel di Jakarta per Kuartal (Q1 2021-Q1 2022)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Perusahaan jasa real estat Colliers International melaporkan rata-rata tingkat hunian serviced apartment di Jakarta mencapai 58,2% pada kuartal I 2022.

Serviced apartment merupakan apartemen berperabotan lengkap yang menyediakan layanan selayaknya hotel seperti room service, house keepinglaundry, koneksi internet nirkabel, dan sejenisnya.

Apartemen jenis ini disewakan baik untuk jangka waktu pendek maupun panjang. Karena itu, kerap juga disebut sebagai aparthotel, yakni gabungan dari apartemen dan hotel.

Tingkat hunian serviced apartment atau aparthotel pada kuartal I 2022 di Jakarta sedikit menurun dibanding kuartal sebelumnya, seperti terlihat pada grafik.

Namun, jika dibandingkan secara tahunan, tingkat hunian pada kuartal tersebut lebih tinggi dari kuartal I 2021 yang berada di level 56,4%.

“Kami optimistis pasar apartemen (serviced) dapat mengalami pemulihan pada 2022 sesuai dengan keadaan pandemi yang semakin pulih, namun tetap butuh waktu yang lebih panjang daripada yang diharapkan untuk kembali seperti sebelum pandemi,” ujar Colliers International dalam laporannya yang dirilis Rabu (6/4/2022).

Colliers International memprediksi akan ada 11 proyek aparthotel baru di Jakarta, yang mampu menambah suplai sebanyak 1.862 unit kamar.

Colliers International menyebut pada periode Januari-Maret 2022 terdapat satu proyek baru di Jl. Gatot Subroto, kawasan pusat bisnis Jakarta, yaitu The Okura Residences Jakarta yang diperkirakan mulai beroperasi pada 2025.

(Baca Juga: 10 Negara ini Punya Harga Sewa Apartemen Termahal di Dunia)

Editor : Adi Ahdiat
Data Populer
Lihat Semua